Dulu Dianggap Remeh, Camilan dari Singkong Kini Populer & Bernilai Jual Tinggi

Camilan Singkong - www.vemale.com

Selama ini banyak orang menganggap remeh singkong karena harganya yang memang kelewat . Padahal sebagai salah satu alternatif pangan, singkong alias ubi bisa diolah menjadi berbagai termasuk camilan yang untuk santapan pribadi maupun dimanfaatkan sebagai ladang .

Jika sebelumnya singkong hanya dikenal sebagai makanan di pedesaan, kini rupanya cemilan dari singkong justru telah merambah -hotel berbintang. Sebagai contoh di Atria Magelang beberapa bulan lalu mengadakan camilan berbahan dasar singkong seperti Cassava Bitterballen. Camilan unik ini menggunakan singkong dengan kombinasi potongan keju mozzarella.

“Ini enak dinikmati selagi hangat akan meleleh di mulut dan pastinya akan memberikan sensasi luar biasa. Hidangan ini dilengkapi dengan saus daging, saus daging pedas, dan saus keju,” ujar Sheilla Widyaningsing, Asisten Public Relations Manager Atria Hotel Magelang.

Selain diolah menjadi bitterballen, singkong juga dapat diolah menjadi bermacam-macam camilan lainnya yang lezat, misalnya saja gethuk lindri, singkong keju, lemet, jemblem, klenyem, tape singkong, donat singkong, puding singkong, cake singkong, sawut singkong, singkong keju, keripik, hingga singkong crispy.

Dengan memanfaatkan singkong, salah seorang pengusaha asal Bandung Barat, Aceng berhasil meraup omzet hingga Rp 3 juta per hari lewat bisnis makanan olahan berbahan singkong yang dinamakan crispy singkong dan crispy konghui. Camilan tersebut tak hanya disukai orang pedesaan, tetapi juga kini menjadi jajanan orang perkotaan.

Crispy singkong merupakan camilan berbahan dasar singkong, sedangkan crispy konghui adalah kombinasi dari singkong dan hui alias ubi. Namun ubi yang dipilih biasanya ubi berwarna ungu. “Saya berpikir bagaimana agar petani singkong tidak terpuruk, dan yang paling penting adalah agar mereka tetap semangat menanam singkong karena singkongnya terjual dengan wajar,” ujar Aceng seperti dilansir Kompas.

Dengan modal Rp 200.000 saja, singkong crispy produksi Aceng diterima dengan baik oleh . Bahkan produknya juga digemari wisatawan dalam maupun luar negeri. Satu bungkus singkong crispy berisi 250 gram biasanya ia jual dengan harga antara Rp 19 ribu hingga Rp 20 ribuan.

Loading...