Diupayakan Menjadi Destinasi Dunia, Tiket Masuk Rawa Pening Dibanderol Cukup Terjangkau

Rawa Pening - (Sumber: kongkie.com)

Apabila Anda sedang berkunjung ke Semarang, mungkin dapat mengunjungi salah satu objek wisata berupa danau alami atau rawa-rawa yang terletak di Ambarawa, Kabupaten Semarang, Tengah bernama Rawa Pening.

Untuk dapat menikmati tempat wisata ini, Anda hanya perlu membayar tiket yang cukup terjangkau, yaitu Rp 7.500. Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan adalah menaiki perahu, berputar-putar mengelilingi danau alam, yang konon penuh dengan mitos, misteri dan legenda tersebut.

Untuk mengeksplorasi indahnya Rawa Pening menggunakan perahu, pengunjung biasanya dapat datang terlebih dahulu ke Kampoeng Rawa, sebuah kawasan tempat wisata terpadu yang menyediakan rumah makan ampung, pusat oleh-oleh, dan wisata mancing ikan di .

Di sini juga disediakan tiket terusan yang memungkinkan pengunjung dapat menikmati berbagai permainan, seperti naik kapal, dan berbagai lainnya. Harga tiket terusan di hari biasa sebesar Rp 90.000 per orang. Sedangkan tiket terusan di hari libur dan Minggu harganya Rp 100.000 per orang.

Jika sebelumnya, Anda hanya dapat menikmati hamparan air danau yang diwarnai eceng gondok dan teratai, sekarang pengunjung juga bisa menikmati wahana baru, yaitu Gembok Cinta. Wahana baru tersebut dapat digunakan pengunjung untuk menyematkan gembok, terlebih bagi mereka yang berpasangan.

Kini, Kementerian sedang berupaya menjadikan objek wisata Rawa Pening menjadi wisata dunia. Kemenpar saat ini tengah melakukan pengujian standar (benchmarking) terhadap objek wisata tersebut. Untuk menjadi wisata dunia, Rawa Pening harus bisa menyediakan infrastruktur berstandar global.

“Kemenpar sedang mencari benchmarking karena untuk mencapai wisata dunia harus ada infrastruktur yang standar internasional”, kata Deputi Bidang dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Dadang Rizki Ratman.

Sebagai solusi cepat, Rawa Pening dapat diintegrasikan dengan paket wisata Candi Borobudur, tetapi harus memenuhi unsur 3A, yaitu Atraksi, Akses dan Amenitas. “Ada langkah cepat, bisa diintegrasikan dengan wisata Candi Borobudur. Tapi lagi-lagi harus ada syaratnya, yakni 3A. Atraksi, pertunjukan yang ditampilkan harus berkelas. Akses, bagaimana akses jalan menuju , serta Amenitas berupa fasilitas yang disediakan”, tambah Dadang.

Dalam upaya mengangkat wisata Rawa Pening, perusahaan jamu, PT Sido Muncul membuat iklan dengan tema objek wisata tersebut. Perusahaan tersebut juga melakukan gerakan peduli Rawa Pening dengan membersihkan tanaman eceng gondok.

“Bisa dilihat, Rawa Pening punya panorama sangat indah. Kami malah senang menyebutnya Danau karena luas sekali areanya. Sayangnya, keberadaan enceng gondok jadi pengganggu, makanya kami buat iklan di sini tentang peduli Rawa Pening dengan membersihkan enceng gondok”, kata Direktur Marketing Sido Muncul Irwan Hidayat.

Dari 2.700 hektare luas Rawa Pening, 1.800 hektare di antaranya ditumbuhi oleh enceng gondok. Keberadaan eceng gondok itu dinilai dapat menghambat potensi Rawa Pening yang sangat menjanjikan, baik dari sektor ekonomi rakyat, maupun pariwisata.

Loading...