Ditetapkan Berdasarkan Grade, Harga 1 Butir Mutiara Asli Dapat Mencapai Puluhan Juta Rupiah

Mutiara Asli - (Sumber: bukalapak.com)Mutiara Asli - (Sumber: bukalapak.com)

Mutiara menjadi salah satu perhiasan bernilai jual tinggi. Semakin tinggi kualitasnya, semakin tinggi pula harganya. Misalnya, mutiara grade AAA akan jauh lebih daripada mutiara grade A.

Pengusaha CV Rosario Mutiara Yustinus Mario Tenggara mengatakan, ada beberapa kriteria atau standar bagi penentuan harga jual mutiara laut selatan asli .

“Kalau yang grade AAA atau yang paling bagus itu pasti bulat, dan memenuhi standar yang sudah ditetapkan, mulai dari cahaya, kilaunya,” kata Mario.

Misalnya untuk mutiara alam asli, harga 1 butirnya dapat mencapai puluhan juta . Sedangkan untuk jenis mutiara lainnya seperti mutiara coatingan, berat per 1 butir/bijinya berkisar antara 1,5 gram hingga 4 gram, dengan kisaran harga Rp 400.000-550.000 per gram. Untuk jenis mutiara tawar, harga per butirnya sekitar Rp 15.000-150.000.

Sedangkan, kata Mario, rata-rata mutiara dengan 5mm-20mm, harga rata-rata US$ 46,6 per gram (atau sekitar Rp 630.278). Untuk dapat menghasilkan mutiara, Mario mengatakan bahwa diperlukan waktu 1 sampai 2 tahun dari tahap awal.

“Dari awal, pembenihan, sampai panen durasinya 1-2 tahun untuk panen pertama, tapi kalau mau lebih baik lagi nunggu 4 tahun baru panen,” tambahnya.

Indonesia telah dikenal sebagai salah satu produsen mutiara , dikarenakan produk mutiara laut selatannya. Menurut Pengawas Yayasan Mutiara Laut Indonesia, Nunik Anurningsih, kualitas mutiara laut selatan Indonesia merupakan yang di dunia karena faktor tiram dan lingkungan. “Hasilnya paling bulat sempurna dan berkilau,” ujarnya.

Produk mutiara laut selatan pada umumnya ada yang berwarna silver dan juga ada yang berwarna bronze atau warna tembaga. Kualitas tidak ditentukan dari warna, melainkan kriteria yang sudah ada saat ini.

Mutiara bernilai jual tinggi/mahal dikarenakan bentuknya. Jika memiliki bentuk bulat sempurna, maka harga jual mutiaranya dapat menjadi harga dari sekian banyak bentuk mutiara.

Pertimbangan kedua adalah memiliki permukaan yang mulus, pantulan permukaan mutiara yang mulus, pantulan permukaan mutiara yang bersinar yang bersih, tidak berawan, minim spot, serta noda atau garisan.

Ketebalan mutiara juga mempengaruhi. Dinding mutiara yang baik memiliki ciri relatif , tidak terlihat seperti pecahan atau retakan. Selain itu, warna mutiara juga ikut diperhitungkan. Apabila warna mutiara dominan warna kuat dan tegas, hal itu menandakan mutiara tersebut adalah mutiara yang baik.

Hal terakhir adalah ukuran mutiara. Hal ini menjadi salah satu indikator yang mempengaruhi harga mutiara. Semakin besar ukuran diameter dengan kriteria tertentu, maka harganya semakin mahal.

Dikarenakan menjadi perhiasan yang sering diincar atau tinggi peminatnya, perlu diwaspadai terhadap beredarnya mutiara palsu. Bagaimana cara membedakan mutiara palsu dengan asli?

“Untuk membedakan mutiara yang palsu dan asli sebenarnya cukup , dengan mengandalkan gigi saja,” ungkap Nuniek Anurningsih, Pengawas Yayasan Mutiara Indonesia.

“Tentunya akan lebih baik lagi untuk mengujinya dengan cara profesional, seperti membawanya ke laboratorium mutiara yang terpercaya,” tambah Nuniek.

Mengetes asli tidaknya mutiara dengan gigi dapat dilakukan dengan cara memimpis atau menggesekkan secara perlahan mutiara tersebut diantara gigi atas dan gigi bawah. Bila permukaan mutiara berpasir, maka mutiara tersebut merupakan mutiara yang asli.

Sedangkan bila mutiara tidak memiliki pasir di permukaannya dan memiliki tekstur yang lebih licin, maka bisa dipastikan bahwa mutiara tersebut adalah mutiara buatan. Bila tidak ingin menggigit mutiara, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggesek mutiara dengan lembut ke gelas.

 

Loading...