Disebut Bagus Untuk Kesehatan, Harga Teh Hijau di Apotik Mulai Rp9 Ribuan

Green Tea - (Sumber: bbcgoodfood.com)Green Tea - (Sumber: bbcgoodfood.com)

hijau memiliki banyak penggemar karena dianggap baik untuk kesehatan, serta dipercaya dapat membantu menurunkan seseorang. Karena manfaat baik inilah teh hijau menjadi produk yang banyak dicari oleh masyarakat. Beruntung saat ini telah banyak produk teh hijau dalam berbagai merek yang dijual di , maupun di beberapa apotik.

Penduduk China dan Jepang mempercayai teh hijau mampu menjaga kesehatan. Maka tak heran, banyak sekali penduduk China dan Jepang yang terlihat awet muda dengan mengkonsumsi teh hijau. Menurut sebuah studi yang dilakukan di Jepang pada sekitar 40.000 orang, hasilnya menyatakan bahwa orang yang rutin meminum teh hijau setiap hari memiliki kematian lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak mengkonsumsinya.

Konsultan gizi dan hidup sehat, Ranjani Raman, mengungkapkan setidaknya ada enam aturan tak tertulis untuk meminum teh hijau dengan benar. Salah satunya adalah terkait frekuensi meminum teh hijau. “Dua sampai tiga gelas per hari,” terang Raman, dilansir melalui Republika.

Terkait masalah frekuensi dalam meminum teh hijau, jika terlalu banyak meminum teh hijau akan membuat kandungan antioksidan, tanin, dan flavonoid menumpuk terlalu banyak dalam tubuh dan menyebabkan keracunan bahkan kerusakan hati. Maka dari itu, teh hijau dianggap tidak baik apabila dikonsumsi lebih dari dua atau tiga cangkir per hari.

Fungsi kognitif juga diakui dapat meningkat dengan cara mengkonsumsi teh hijau. Dengan begitu, otak mampu bekerja dan berpikir lebih baik. Hal ini terjadi karena teh hijau memiliki kandungan epigallocatechin yang bisa melindungi organ otak dari timbulnya kerusakan di luar maupun dalam. Teh hijau juga dapat mencegah munculnya kanker yang mematikan dan berbahaya.

Antioksidan yang dimiliki oleh teh hijau diketahui punya efek yang kuat untuk reaksi peradangan. Namun demikian perlu diketahui kekuatannya itu bisa berkurang bila teh dikonsumsi bersamaan dengan beberapa jenis makanan lainnya. Peneliti Dr Matam Vijay-Kumar dari Penn State University mengatakan makanan zat besi seperti brokoli, bayam, dan daging punya reaksi yang buruk dengan teh hijau. Alasannya karena zat besi dapat mengikat antioksidan yang ada sehingga manfaat pun akan hilang.

“Jika Anda minum teh hijau sehabis makan makanan yang tinggi zat besi maka komponen utama teh akan terikat pada zat besi. Ketika hal itu terjadi maka teh akan kehilangan potensi manfaatnya sebagai antioksidan,” kata Vijay-Kumar seperti dikutip dari DailyMail.

Hingga saat ini banyak bermunculan merek teh hijau yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti merek Teh Hijau Kepala Djenggot yang berisi 25 tea bag dan dibanderol dengan Rp9 ribuan. Juga terdapat merk Teh Hijau Cap 2 Tang, yang memiliki dua kemasan, yakni kemasan kotak seberat 50 gram seharga Rp25 ribuan, dan kemasan tea bag sebanyak 25 buah, dijual dengan Rp21 ribuan. Serta produk teh kenamaan Sariwangi yang juga memproduksi teh hijau dalam kemasan tea bag isi 25 buah, dijual dengan Rp21 ribuan.

 

Loading...