Diperlukan Dalam Proses Bekisting, Berapa Harga Minyak Bekisting di Pasaran?

Minyak Bekisting - www.gumtree.com

Dalam konstruksi , dikenal yang dinamakan bekisting alias formwork. Bekisting adalah cetakan sementara untuk menahan beton selama beton dituang dan dibentuk sesuai keinginan. Karena fungsinya sebagai cetakan sementara, bekisting nantinya akan dilepas atau dibongkar apabila beton yang dituangkan sudah memiliki kekuatan yang cukup. Untuk melepas beton dari bekisting dibutuhkan atau pelumas yang dinamakan minyak bekisting. minyak bekisting sendiri bervariasi, tergantung mereknya.

Meski hanya berwujud pelumas, bekisting rupanya memiliki berbagai . “Mencegah perlekatan antara beton dan bekisting, menghasilkan permukaan beton yang mulus dan bersih, serta memperpanjang umur bekisting sampai dengan 5 kali lipat,” kata Fitria Budiarto seperti dilansir dari blog pribadinya.

Bekisting oil dapat digunakan untuk berbagai permukaan, misalnya saja bekisting kayu, papan, besi, plastik, dan lain sebagainya. Cara atau takaran penggunaan minyak bekisting biasanya sangat bergantung pada permukaan bekisting yang hendak dilumasi. Sebagai untuk minyak bekisting Calform NX R menyarankan penggunaan minyak bekisting dengan dosis 1 liter per 15-40 meter persegi, tergantung dari porositas permukaan bekisting.

Minyak bekisting terdiri dari berbagai merk, misalnya saja Crisindo Crystal Mould Oil, hingga merek Sika Separol. Meski ada yang bermerek, ada pula minyak bekisting curah yang biasanya dikemas dalam jerigen dan dijual per liter. Harga minyak bekisting eceran per liter dibanderol sekitar Rp 8.500 hingga Rp 20 ribuan. Kemudian untuk minyak bekisting merek Calform NX*R harganya Rp 94.900, merek Sika Separol 10 kemasan drum isi 200 liter dijual antara Rp 7,3 jutaan hingga Rp 7,5 jutaan.

Untuk pengaplikasian minyak bekisting dapat menggunakan kuas atau spray sebelum bekisting dipasang. Namun saat mengaplikasikan minyak bekisting rupanya harus berhati-hati, sebab minyak bekisting biasanya mengandung zat yang mudah terbakar dan termasuk barang berbahaya (kelas 3). Oleh karena itu, pengaplikasian minyak bekisting harus dilakukan di tempat yang memiliki ventilasi baik dan dijauhkan dari sumber api.

Minyak bekisting atau bekisting oil biasanya dapat dibeli di sejumlah bangunan besar atau bisa juga dibeli secara . Namun perlu diketahui bahwa harga minyak bekisting antara satu toko dengan yang lain bisa terpaut lebih murah atau lebih mahal, tergantung merek dan kualitas yang ditawarkan.

Loading...