Dipercaya Mampu Meningkatkan Kecerdasan Anak, Harga Telur Omega 3 Berkisar Rp3 Ribuan

Telur Ayam - (Sumber: thetanjungpuratimes.com)

Ketika pergi berbelanja di salah satu pusat perbelanjaan, mungkin akan menemukan telur dengan label omega 3. Telur berlabel omega 3 ini memang disebut-sebut berbeda dari telur biasa. Karena adanya kandungan esensial tak jenuh ganda.

Kandungan tersebut berasal dari ayam petelur yang diberikan yang mengandung bahan omega 3,sehingga menghasilkan jenis telur yang kaya akan omega 3 pula. Karena adanya kandungan tambahan ini tak heran jika untuk jenis telur omega 3 dijual dengan yang lebih mahal dari jenis telur standar lainnya, yakni Rp2.500an hingga Rp3.000an per bijinya.

Menurut hasil studi yang diterbitkan oleh The Upsala Journal of Medical Sciences tahun 2008 lalu tentang lebih telur omega 3 dibandingkan dengan jenis telur lain. Diketahui bahwa sebanyak 19 partisipan diminta untuk mengkonsumsi telur omega 3 setiap hari, sementara yang lain memakan telur biasa. Mereka diharuskan untuk makan secara bersamaan, selama 30 hari berturut-turut.

Hasil yang didapatkan adalah partisipan yang mengkonsumsi telur omega 3 menghasilkan glukosa darah yang lebih rendah, serta komponen LDL atau kolesterol jahat dalam jumlah yang relatif rendah pula. telur omega 3 juga dianggap mampu meningkatkan apolipoprotein A-1, komponen HDL, yang merupakan jenis kolesterol baik. Hal tersebut berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner serta diabetes.

Dengan khasiatnya yang baik untuk , membuat inovasi telur omega 3 yang dihasilkan oleh Prof Imam Rahayu Hidayati Soesanto, pakar ayam IPB ini berhasil dikomersialisasikan hingga menembus pasar Jabodetabek.

“Telur ini baik untuk meningkatkan kesehatan dan kecerdasan otak anak. Kandungan DHA-nya 2816 mg atau 10 kali lipat dari telur normal dan 404 mg EPA. Yang terpenting adalah kandungan kolesterolnya rendah,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa suplemen pakan hasil karyanya tersebut diaplikasikan pada ayam petelur sehingga mengandung telur yang memiliki kandungan gizi tinggi. Telur tersebut mengandung Super DHA, Omega 3, serta betakaroten yang dianggap sangat berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak pada balita maupun anak. Kandungan pada telur omega 3 ini juga diyakini mampu menjaga kesehatan tubuh.

Perbedaan yang lainnya adalah jenis telur omega 3 ini memiliki karakter khusus yang tidak terdapat pada jenis telur standar, yakni warna kuning telur dirasa lebih pekat karena mengandung betakaroten yang memiliki untuk menambah selera makan. Selain itu, yang menjadi ciri khas dari telur omega 3 adalah kuning telur tersebut memiliki sepaut yang lebih kuat sehingga tidak mudah pecah, dan omega 3 tersebut baik dalam kuning telur.

Sebelumnya, banyak peternak atau supplier telur yang memahami bahwa memberikan makan ayam dengan suplemen ataupun kandungan lemak akan berdampak pada kandungan nutrisi telur yang dihasilkan. Namun ternyata, ayam yang diberikan suplemen lemak tersebut justru memiliki nilai gizi yang tinggi.

Loading...