Dipakai Menambang Kripto Berbasis Scrypt, Harga Scrypt Miner Capai Puluhan Juta Rupiah

Scrypt Miner - www.ccn.com

Keberadaan saat ini mulai mendapatkan tempat di hati . Meskipun nilainya sangat volatil alias bisa mengalami kenaikan dan penurunan sewaktu-waktu secara drastis, banyak orang yang tetap mempercayai mata uang virtual sebagai salah satu untuk menyimpan berharga mereka. Tercatat ada beragam kripto yang di pasaran, misalnya Bitcoin, Litecoin, Dogecoin, Ethereum, dan sebagainya.

Meski Bitcoin merupakan pelopor blockchain, kripto-kripto lain yang kemudian bermunculan justru mulai mengadaptasi yang sedikit berbeda dan disesuaikan dengan masing-masing. Misalnya saja Litecoin yang baru hadir pada Oktober 2011 lalu. Litecoin menjadi mata uang digital pertama dengan keamanan scrypt, yakni yang membentuk kata kunci berdasarkan Key Derivation Function (KDF).

Litecoin termasuk mata uang virtual yang cukup populer karena menciptakan sistem keamanan password untuk penggunanya. Litecoin meyakini, seperti halnya perbankan, keamanan bisa sangat mempengaruhi kepercayaan calon . Atas terobosan tersebut, Litecoin kini selalu masuk 10 besar kripto dengan nilai kapitalisasi pasar tertinggi meskipun nilai tukar 1 LTC saat ini masih tergolong rendah.

Khusus untuk mata uang digital yang menggunakan sistem scrypt layaknya Litecoin, proses menambang alias mining LTC kabarnya sedikit berbeda dari Bitcoin. Para penambang biasanya menggunakan perangkat yang dinamakan scrypt miner. Jika Bitcoin menggunakan SHA-25, maka altcoins (alternative coin) semacam Litecoin menggunakan kode scrypt yang dapat ditambang dengan scrypt miner.

Cara kerjanya hampir sama dengan alat mining pada umumnya, yakni dengan memproduksi koin melalui algoritma tertentu. Perangkat scrypt miner di pasaran pun ada beragam merek dan jenisnya. Yang cukup populer adalah Gridseed GBlade 526mhs USB ASIC Scrypt Miner seharga Rp 6 juta, kemudian ada Antminer L3+ 504m Scrypt Miner 800W seharga Rp 61 jutaan, Litecoin Miner A4 Dominator 136.6 Mh/s dengan harga Rp 21,5 juta, dan ada pula Asic Scrypt Miner Hashra Lunar Launcher 14 Mh/s+ kondisi bekas harga Rp 6,5 juta.

Meski termasuk aset digital yang cukup menjanjikan, rupanya untuk terjun ke dunia kripto dibutuhkan pengetahuan yang cukup luas. “Bagi yang newbie harus belajar banyak sejak awal sebelum terjun ke ‘permainan’ ini. Ekosistem mata uang digital saat masih infant belum mature. Pemula harus bekali diri dengan sebanyak mungkin informasi yang tepat untuk mengurangi risiko kehilangan besar,” kata Vinsensius Sitepu, pengamat dan praktisi mata uang digital, seperti dilansir Tirto.

Share this post

PinIt
Loading...
scroll to top