Dilanda Ketidakpastian SegWit2x, Gerak Bitcoin Menguat Terbatas

Bitcoin - www.express.co.uk

hari ini tipis sebesar 0,04% ke posisi 4.371,92 atau sekitar Rp 59 juta setelah dibuka di level 4.370,24 per 1 BTC. Sepanjang hari ini, Sabtu (7/10) diperdagangkan pada kisaran USD 4.361,84 hingga USD 4.386,56 dengan pangsa sebesar USD 72,62 miliar. Nilai mata uang ini mengalami tren yang lebih tinggi meskipun kenaikannya hanya berlangsung secara perlahan karena ada banyak hambatan di sepanjang pergerakan bitcoin.

Sebagian besar volume bitcoin hingga kini masih berasal dari sejumlah di seperti Jepang dan Korea Selatan, namun volume secara akhir-akhir ini cukup rendah. Berbeda dari beberapa minggu yang lalu saat bitcoin berhasil membukukan volume harian mencapai USD 2-2,5 miliar. Sekarang volume bitcoin hanya setengahnya, yakni USD 1-1,5 miliar dalam 24 jam.

Seperti halnya Juli 2017 lalu, pasar tampaknya masih belum siap menghadapi hard fork yang akan berlangsung pada bulan November 2017 depan. Tuur Demeester, investor bitcoin ternama, analis, dan pemimpin redaksi di Adaman Research meyakini bahwa harga bitcoin akan melebihi USD 5.000 apabila dukungan terhadap SegWit2x menurun dalam beberapa hari ke depan.

Di sisi lain, para analis mulai menunjukkan optimisme terhadap kemungkinan China akan melanjutkan perdagangan cryptocurrency di sana seiring dengan adanya kabar terbaru dari media berita milik China, Xinhua yang menyatakan bahwa akan mulai melakukan tindakan seperti pencatatan, perizinan, proses AML, dan membatasi transaksi besar dari mata uang virtual. Meski demikian masih terlalu sulit memprediksi kapan China akan mulai menerapkan perizinan untuk pertukaran cryptocurrency.

Selain itu, ketidakpastian seputar SegWit2x juga terus menahan momentum bitcoin. Beberapa bisnis telah menarik diri dari kesepakatan NYA SegWit2X dan rencana konsorsium yang dipimpin Digital Currency Group untuk melakukan hard fork pada November 2017. “Jika dukungan terhadap SegWit2x menurun dalam beberapa hari dan minggu ke depan, target harga bitcoin sebesar $ 5.000 akan realistis dan mungkin terjadi. Grafik perlu dikonfirmasi, tapi jika hard fork Bitcoin 2X ternyata tidak berguna, itu bisa memberi angin puyuh untuk rally dan $ 5.000,” ujar Demeester, seperti dilansir Cryptocoinsnews.

Untuk sementara ini kinerja jangka menengah dari harga bitcoin sangat bergantung dari hard fork SegWit2x. Indikator pertumbuhan positif dari bitcoin sendiri kini sudah terlihat dari begitu besar kepemilikan bitcoin di Jepang dan Korea Selatan.

Loading...