Diklaim Tahan Getah Kayu dan Serangan Rayap, Ini Harga Cat Meni Kayu

Cat Kayu - (Sumber: catkayu.com)

Di memang banyak hadir jenis cat yang disesuaikan dengan kegunaannya, seperti cat tembok, cat kapur, cat minyak, cat , hingga cat meni . Khusus untuk cat meni atau cat minyak dasar kerap digunakan sebagai cat dasar proses pengecatan. Cat meni umumnya tidak memiliki banyak pilihan warna, dan dikemas dalam kemasan 1kg, 3,5kg, maupun 5kg.

Apabila seseorang memiliki ornamen yang berbahan kayu, ada baiknya untuk merawatnya agar tidak cepat rusak. Cara yang paling mudah untuk merawat kayu yaitu melalui pengecatan. Sebelum diaplikasikan dengan cat, kayu perlu diperlakukan sedemikian rupa melalui serangkaian proses persiapan sampai mencapai kondisi siap untuk dicat.

Cat meni berbahan dasar dari alkyd yang mengandung red lead berfungsi untuk menahan getah kayu dan serangan rayap, serta untuk mencegah karat pada permukaan besi. Maka dari itu sebelum menutup permukaan dengan menggunakan cat kayu, benda yang akan dicat bisa terlebih dahulu diberi sentuhan cat meni. Penggunaan cat meni kayu juga bisa menghemat cat, tanpa pemakaian cat meni maka cat yang kemudian akan dipakai bisa sangat boros.

“Seperti halnya plamur, cat meni untuk kayu pun berfungsi untuk menutupi pori-pori kayu agar penggunaan cat finish nantinya tidak boros. Fungsi plamir dan cat meni tersebut lain dengan cat zink cromat. Fungsi cat dasar untuk kayu dan besi ini hanya sebagai pelapis antikarat sehingga menjadi lebih awet dan ,” ungkap salah seorang developer.

Penggunaan cat meni pada benda atau berbahan kayu juga sangat mudah. Mula-mula permukaan yang akan dicat perlu dibersihkan terlebih dahulu dari debu dan kotoran lainnya, kemudian biarkan hingga permukaan benar-benar kering. Lakukan pengamplasan pada permukaan jika terdapat karat atau sisa cat yang mengelupas. Sebelum digunakan, aduk cat sampai rata, aplikasikan satu lapis cat meni kayu secara merata dan kemudian didiamkan sampai kering. Minimal 24 jam sebelum mengaplikasikan cat akhir.

Kemudian proses setelah permukaan kayu dicat dengan cat meni, selanjutnya kayu siap untuk dicat sebanyak dua lapis untuk menghasilkan kilap pada kayu. Selain itu, untuk mendapatkan hasil pengecatan kayu yang sempurna, sebaiknya permukaan yang akan dicat harus rata dan licin.

Hingga saat ini, di pasaran telah hadir sejumlah cat meni yang bisa dipilih oleh konsumen berdasarkan . Beberapa produk tersebut bersaing dengan yang kompetitif. Misalnya untuk cat meni kayu merk Cap Pedang, 1kg dibanderol dengan kisaran Rp28 ribuan. Sementara untuk Nippon Paint Bee Brand Junior 66, dibanderol dengan harga yang lebih mahal yakni Rp52.500 per 1.200 gram.

Loading...