Diklaim Mengandung pH Alami Kulit, Sabun Sebamed Dijual Kisaran Harga Rp 66.100-495.700

Sabun Sebamed - (Sumber: sebamedantijerawat.blogspot.co.id)

Brand Sebamed dikenal dengan varian yang ditujukan baik untuk bayi atau orang dewasa. Salah satu yang dapat dipakai oleh kalangan tersebut adalah sabun. Sabun Sebamed terdiri atas dua bentuk, yaitu bar (sabun batang) dan liquid (sabun cair). Harganya mulai dari Rp 66.100-495.700, tergantung jenis sabun dan juga ukurannya.

Beberapa tempat yang bisa Anda datangi untuk membeli produk Sebamed antara lain Indomaret, Alfamart, Watson, Guardian, dan di beberapa , seperti Kalbe, K24, atau Farma. Anda juga bisa berbelanja produk Sebamed melalui website tempat-tempat tersebut.

Sebamed diklaim menawarkan produk perlindungan tambahan untuk pribadi sehari-hari mulai dari sensitif, bayi, psoriasis, eksim, berjerawat, berminyak, alergi, terbakar, kering, dan setelah kemoterapi. Semua produknya didasarkan kepada konsep menstabilkan asam pelindung alami dengan menggunakan nilai pH sebesar 5,5.

Untuk produk sabun bayi, Sebamed mempunyai produk Baby Cleansing Bar dan Baby Bubble Bath. Kedua produk ini ditujukan untuk merawat kulit bayi yang masih lembut. Tetapi, kadang-kadang, sabun bayi itu juga dipakai untuk orang dewasa. Alasannya, karena sabun tersebut memiliki aroma harum yang khas, dan dianggap ringan dan , benarkah?

“Tergantung pada kulit kulit orang dewasa itu. Kalau kulitnya sensitif cenderung kering, boleh pakai sabun bayi. Kalau kulit normal cenderung berminyak, sebaiknya tidak memakai sabun bayi, karena akan semakin berminyak,” jelas dr Ratna Komala Dewi, Sp.KK.

Lalu, apa alasannya tidak semua jenis kulit diperbolehkan memakai sabun bayi? Hal tersebut dikarenakan pH normal pada kulit orang dewasa sebesar 7, sedangkan sabun mandi bayi mengandung pH 4,5-5,5.

Oleh karena itu, produk sabun bayi memang dirancang dengan kandungan pH yang telah disesuaikan dengan kulitnya. Tetapi, bagaimana jika sebaliknya? Sabun orang dewasa digunakan oleh bayi?

“Keasaman kulit bayi 4.5. Kalau memakai sabun yang PH-nya lebih akan mengikis lapisan kulitnya, karena kulit itu ada lapisan-lapisannya,” tutup dr Ratna.

Untuk merawat kulit si kecil, sebaiknya orangtua memperhatikan beberapa hal, seperti kulit bayi yang cenderung sensitif, terutama bagi bayi yang baru lahir. Hal tersebut dikarenakan tingkat kekebalan tubuhnya belum terbentuk dengan sempurna.

Dalam istilah medis, kulit sensitif atau atopic skin juga dikenal sebagai keadaan kulit yang menunjukkan adanya tanda-tanda gangguan pertahanan kulit dan sistem imun yang hiperreaktif terhadap bahan-bahan iritatif dan alergenik. “Gejala paling umum itu kulit kering, sering gatal saat berkeringat atau terkena bahan tertentu,” ungkap  dr Mirawati Setyorini Sp.KK.

Apabila bayi Anda mengalami hal seperti itu, diharapkan untuk tidak terlalu panik dan khawatir, karena hal tersebut dapat diatasi, misalnya dengan memandikan rutin dua kali sehari.

“Kalau bisa pakai air yang jangan terlalu panas ideal 37 derajat Celcius, dan maksimal 40 Celcius, gunakan sabun non antiseptik, ph balanced (4 5-55), hipoalergenik, dan noniritatif,” kata dr Mirwati.

“Untuk mengeringkan juga dengan handuk lembut tanpa pewangi dengan cara menepuk-nepuk pada bagian yang basah,” tambahnya.

Apabila orangtua ingin mengoleskan lotion atau pelembap pada bayi, sebaiknya dicoba terlebih dahulu pada bagian kulit yang tidak terlalu besar, untuk melihat kenyamanan dan keamanannya.

Loading...