Diklaim Mengandung Omega 9 Paling Tinggi, Minyak Goreng Tropical 1 Liter Dijual Seharga Rp 16.800

Minyak Goreng - (Sumber: viva.co.id)Minyak Goreng - (Sumber: viva.co.id)

Tropical merupakan minyak goreng yang kualitasnya diklaim disempurnakan dengan proses 2 kali penyaringan. Minyak tersebut mengandung asam lemak tak jenuh (omega 9) paling tinggi, terbukti bila didinginkan, saat minyak goreng biasa mulai berkabut, Tropical minyak goreng tetap bening.

Minyak goreng Tropical dapat Anda beli di berbagai swalayan atau toko, dan juga di tempat lainnya. ini termasuk yang mudah ditemukan di mana-mana, termasuk di Indomaret, Alfamart, atau Giant.

Minyak Tropical tersedia dalam berbagai bentuk dan , mulai botol berukuran 1 liter atau 2 liter, dan juga refillnya. Untuk harga minyak goreng Tropical 1 liter, biasanya dijual Rp 16.800. Sedangkan untuk 2 liter, harganya sekitar Rp 34.600. Untuk harga refillnya (pouch), sekitar Rp 15.000-30.000.

Produk yang termasuk salah satu bahan pokok tersebut diklaim mengandung Omega 9 paling tinggi yang membantu menurunkan kolesterol darah. Selain itu, Tropical juga mengandung Vitamin E sebagai antioksidan dan Pro Vitamin A.

Omega 9 dikenal sebagai asam lemak tak jenuh tunggal yang non-esensial. Asam lemak tersebut merupakan jenis utama yang dikenal dengan asam oleik yang mudah diperoleh dari makanan kacang-kacangan serta beberapa lemak hewan.

Omega 9 banyak ditemukan dalam minyak canola, minyak bunga matahari, almond, alpukat, dan minyak zaitun. “Omega 9 memiliki tersendiri,” kata Angelone, perwakilan dari American Heart Association.

Makanan yang kaya akan Omega 9 misalnya alpukat, memainkan peran penting dalam mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung. Omega 9 adalah asam lemak yang baik karena mereka adalah sumber energi yang baik dan dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Tetapi, tidak disarankan juga mengkonsumsi terlalu banyak, karena Omega 9 merupakan sumber kalori. Apabila terlalu banyak mengkonsumsinya, akan berakibat tidak baik bagi bentuk tubuh dan kesehatan.

Selain Omega 9, asam lemak lain yang bermanfaat adalah Omega 3. “Sekitar seperempat dari lemak yang Anda makan idealnya harus dari makanan yang kaya Omega-3,” kata Angelone.

Asam lemak tersebut dapat ditemukan dalam makanan nabati seperti kenari, biji chia, biji rami, dan beberapa telur jenis khusus. Tubuh Anda tidak dapat memproduksi Omega 3 dengan sendirinya, oleh karena itu, harus didapatkan asupan dari luar. American Heart Association merekomendasikan dua porsi ikan berlemak per minggu.

Seperti Omega 3, tubuh Anda tidak dapat menghasilkan asam lemak lain, yaitu Omega 6. Sehingga, Anda perlu mendapatkannya dari sumber eksternal. Omega 6 mudah didapatkan sehingga ada kemungkinan Anda berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Kandungan asam lemak tersebut terdapat dalam minyak sayur, minyak jagung, minyak safflower, minyak wijen, minyak kacang, dan kedelai. Angelone mengatakan bahwa Omega 6 memainkan peran penting dalam tubuh, tetapi jika jumlahnya lebih banyak dari Omega 3, akan menyebabkan peradangan.

“Kebanyakan orang memiliki Omega 6, 15 sampai 25 kali lebih banyak dibandingkan Omega 3,” kata Angelone.

Asam lemak seperti Omega 6 memang dinilai lebih sehat daripada lemak jenuh. Tetapi, dalam pengkonsumsiannya, sebaiknya Anda batasi, dan fokus meningkatkan asupan Omega 3.

Loading...