Diklaim Manjur Atasi Radang Tenggorokan, Harga FG Troches Rp1.400/Tablet

Minum Obat - www.merdeka.comMinum Obat - www.merdeka.com

FG Troches merupakan salah satu obat yang banyak di yang biasanya dikonsumsi untuk mengatasi radang tenggorokan dan sariawan. Namun, siapa sangka, bahwa tablet isap yang ditawarkan dengan harga mulai Rp1.400 per tablet itu ternyata mengandung antibiotik dan penggunaannya sebenarnya harus menggunakan resep .

Dalam forum Warung di laman Okezone, Lala Banana mengungkapkan bahwa penggunaan FB Troches sendiri merupakan singkatan dari dua antibiotik yang digunakan di dalam obat ini. Pertama adalah Fradiomycin sulfate dengan kandungan sebesar 2,5 mg dan Gramicidin-S dengan kandungan 1 mg.

“Fradiomycin sulfate, disebut juga Neomycin Sulfate, merupakan antibiotik golongan aminoglikosida dan bersifat membunuh bakteri dengan menghambat sintesis protein yang diperlukan bakteri untuk tumbuh,” tulis Lala. “Sementara, Gramicidin S adalah antibiotik yang bersifat , aktif melawan bakteri gram positif dan negatif, serta jamur.”

Dalam indikasi yang tertera di kemasan, FG Troches digunakan untuk mengobati radang tenggorokan yang disebabkan oleh staphylococcus dan streptococus serta untuk pencegahan infeksi setelah operasi mulut. Nah, pasien yang memiliki hiper-sensitif terhadap komponen aminoglikosida, seperti streptomicin, kanamicin, gentamicin, fradiomicin atau bacitracin, harus hati-hati mengonsumsi obat ini karena memiliki efek samping seperti lidah menghitam dan mulut kemerahan.

Meski memiliki senyawa aktif berupa antibiotik, namun masih banyak masyarakat yang mengonsumsi obat ini karena dinilai sangat manjur mengobati radang tenggorokan. Di samping itu, kandungan antibiotik di dalam FG Troches disebutkan hanya bersifat topikal dengan mekanisme kerja lokal, bukan sistemik.

Nah, obat FG Troches ini sendiri sudah dijual bebas di banyak apotek atau toko obat. Jika konsumen membelinya secara per butir, harganya mulai Rp1.400 per tablet. Sementara, jika membeli satu kemasan penuh berisi 10 tablet, harganya mulai Rp12 ribuan. Namun, untuk mengurangi risiko, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum mengonsumsi obat ini.

Loading...