Diklaim Lebih Unggul, Ini Referensi SMA Berasrama di Jakarta

SMAN Unggulan MH ThamrinSMAN Unggulan MH Thamrin di Bambu Apus, Jakarta Timur - www.teen.co.id

Dibandingkan sekolah ‘konvensional’, SMA berasrama dinilai memiliki beberapa , seperti mendorong kemandirian, kebhinnekaan, dan kedewasaan pelajar atau . Jika Anda kebetulan berdomisili di Jakarta, ada beberapa SMA yang sudah menerapkan ini, seperti SMA Kristen Calvin, SMA Santa Ursula Jakarta, SMAN Unggulan MH Thamrin, hingga SMA Al Azhar 1 dan SMA IIHS.

“Pendidikan asrama mampu mendorong kemandirian, kebhinnekaan dan kedewasaan bagi siswa,” ujar Dosen Fakultas dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), Deddi Nordiawan, dilansir Netralnews.com. “Hal inilah yang dapat diperoleh dengan maksimal ketika anak menempuh pendidikan berasrama.”

Ia melanjutkan, SMA merupakan masa-masa golden age (usia emas), merupakan waktu yang tepat untuk membentuk karakter anak dalam hidup bermasyarakat, meski tidak 100 persen peserta didik keluar dengan kualitas yang diharapkan. Dengan sekolah asrama, menurutnya, banyak pelajaran yang diperoleh, seperti toleransi dan memahami orang lain.

Di Jakarta sendiri, ada beberapa SMA yang sudah mewajibkan siswa mereka untuk tinggal di asrama. Untuk SMA berbasis Islam, salah satu yang terkenal adalah SMA IIHS (International Islamic High School) yang berada di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. SMA ini punya asrama yang mewah, baik untuk siswa laki-laki maupun perempuan.

“Sekolah ini bagus dan mengedepankan siswa untuk mengembangkan potensi diri masing-masing,” ulas salah satu murid. “Guru juga sangat mendukung siswa, baik di sekolah maupun di asrama mereka. SMA ini sangat bagus untuk anak Anda yang ingin belajar tentang kehidupan dunia yang mungkin tidak sebagus yang dipikirkan.”

Referensi lain SMA berasrama yang cukup di Jakarta adalah SMAN Unggulan MH Thamrin, yang berada di Bambu Apus, Jakarta Timur. Tiap tahun ajaran baru, sekolah ini menerima empat kelas, dengan satu kelas berisi sekitar 20 hingga 22 murid. Yang menjadi kelebihan SMA ini adalah tidak memungut biaya alias gratis meski siswa tinggal di asrama dan mendapatkan makan 3 kali sehari.

Namun, untuk bisa melanjutkan pendidikan di SMAN Unggulan MH Thamrin, dan persaingan yang harus diikuti cukup ketat. Setelah administrasi dinyatakan lolos, calon siswa masih harus menjalani psikotes dari Fakultas Psikologi UI, kemudian tes pengetahuan akademik, serta wawancara. Penerimaan murid baru sendiri biasanya sudah dibuka bulan Februari.

Loading...