Diklaim Lebih Bertenaga, Biaya Modif Mesin 2 Silinder Sentuh Jutaan Rupiah

Modif Mesin 2 Silinder - www.gilamotor.comModif Mesin 2 Silinder - www.gilamotor.com

dengan dua silinder dikatakan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan satu silinder, seperti performa lebih mumpuni. Saat ini, sudah banyak yang merilis motor dua silinder, terutama bike. Namun, jika Anda sedang tidak memiliki tabungan untuk membeli kuda besi baru, Anda bisa memodifikasi single cylinder motor Anda menjadi dua silinder dengan berkisar jutaan .

“Sepeda motor dengan mesin dua silinder atau lebih biasanya memiliki ciri khas tersendiri, salah satunya bisa didengar melalui raungan suara yang lebih berkarakter,” tulis situs Liputan 6. “Mesin dua silinder juga memiliki beberapa kelebihan seperti performa yang lebih mumpuni, mampu dipacu dengan penuh, serta dianggap memiliki getaran minim namun tetap .”

Memang, banyak yang menganggap bahwa getaran motor dengan mesin satu silinder lebih terasa dibandingkan mesin dua silinder. Hal tersebut disebabkan volume piston yang lebih besar. Sekadar contoh, motor 250cc dengan satu silinder, maka pistonnya lebih besar dibandingkan motor 250cc dengan dua silinder yang merupakan gabungan dari dua piston motor 125cc.

“Sepeda motor dengan satu silinder sudah mulai bergetar ketika menyentuh rpm tinggi dan lebih tidak stabil,” kata Nurwanto, salah satu mekanik Kawasaki, seperti dilansir dari Otomotifnet. “Lain halnya dengan mesin dua silinder yang lebih minim getaran di rpm tinggi sehingga sepeda motor akan tetap stabil dalam kecepatan penuh.”

Jika Anda tertarik memodifikasi sepeda motor single cylinder menjadi dua silinder, sudah banyak bengkel yang menawarkan jasa bore up tersebut. Bengkel ‘Semangat Putra Motor’ di pinggiran Purwokerto misalnya, tidak hanya menawarkan jasa bore up menjadi dua silinder, tetapi juga melayani modifikasi mesin tiga silinder, silinder segaris, hingga V-twin. Biaya yang dipatok bengkel tersebut sebesar Rp16 juta sampai Rp18,5 jutaan untuk mengubah mesin satu silinder menjadi dua silinder.

Sementara itu, bengkel O’M2S yang berlokasi Jalan KH Hasyim Asyari, Cipondoh, Tangerang, mematok biaya mulai Rp9 jutaan sampai Rp11 jutaan untuk mengubah mesin satu silinder menjadi dua silinder, tergantung tipe motornya. “Saya awalnya merombak mesin satu silinder Grand keluaran 1997 menjadi dua silinder,” papar Rizky Fauzi, bengkel O’M2S.

Loading...