Diklaim Cocok untuk Bayi dengan Alergi, Harga Susu Neocate Rp330 Ribuan

Bayi Minum Susu - www.republika.co.id

Susu sapi, meski diklaim sebagai bentuk kalsium paling dan memiliki banyak , namun sepertinya tidak cocok dikonsumsi oleh berusia kurang dari satu tahun. dalam susu sapi membuat menoleransi dan akhirnya menimbulkan alergi. Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, banyak yang merilis susu formula anti-alergi, salah satunya Neocate yang kini dijual dengan mulai Rp330 ribuan untuk kemasan 400 gram.

“Meski susu sapi dikaitkan dengan budaya kita selama berabad-abad, seharusnya tidak diberikan kepada bayi yang berusia di bawah satu tahun,” jelas Nandan Joshi, seorang ahli kesehatan dan nutrisi di India. “Pasalnya, ini mungkin akan mengganggu ginjal si bayi yang belum matang dan juga sulit untuk dicerna.”

Sementara itu, Lalit Bharadia, Consultant Pediatric Gastroenterologist di Memorial Santokba Durlabhji di Jaipur, India, menambahkan bahwa alergi adalah hal yang paling umum pada anak-anak. alergi meningkat di seluruh dunia, dengan insiden lebih banyak terjadi di negara maju. “Bayi yang alergi susu, yang tidak mendapatkan ASI, membutuhkan bentuk nutrisi alternatif untuk menjaga kesehatannya,” katanya.

Alergi susu sapi pada anak-anak sendiri dapat diketahui melalui reaksinya dari saluran pernapasan, pencernaan, dan juga pada kulit. Alergi pada saluran pernapasan akan menimbulkan batuk-pilek atau keluhan suara napas. Sementara, di saluran pencernaan, akan menjadi sulit untuk buang air besar atau menyebabkan diare. “Adapun pada kulit, reaksi yang paling umum adalah munculnya bintik-bintik merah setelah minum susu,” terang dr. Hendra, Sp.A.

Untuk membantu para orang tua dalam menghindari alergi susu pada anak, Nutricia pun meluncurkan Neocate. Ini adalah susu formula hipoalergenik yang diklaim telah mengandung nutrisi lengkap, termasuk asam amino. Susu ini ditujukan untuk bayi yang memiliki alergi susu sapi dan intoleransi protein.

Meski demikian, perusahaan menekankan bahwa pemakaian susu Neocate ini harus sesuai dengan nasihat dan tidak untuk penggunaan parenteral. Jumlah pemberian dan pengenceran juga harus sesuai dengan petunjuk atau ahli gizi, tergantung dari umur, berat badan, dan kondisi medis si buah hati. Standar pengenceran susu sendiri adalah 90 ml air ditambah 3 sendok takar.

“Ada beberapa tingkatan jika Anda ingin memberikan susu formula pada bayi, yaitu dimulai dari susu formula standar, susu formula parsial, susu formula ekstensif, dan susu formula dengan asam amino,” sambung dr. Hendra. “Tetapi, ketika buah hati memiliki alergi, mulai tingkatan terendah pun bisa tetap menimbulkan alergi. Karena itu, yang terbaik tetap ASI.”

Loading...