Diklaim Berkhasiat Sembuhkan Patah Tulang, Harga Minyak But-but Rp15 Ribuan

Minyak But-But - (Sumber: tokopedia.com)Minyak But-But - (Sumber: tokopedia.com)

Tradisi ‘urut’ merupakan warisan yang masih berkembang hingga saat ini. Kegiatan ini dilakukan untuk mengobati pegal pada badan atau memperbaiki kesalahan pada tulang sendi. Dalam tradisi mengurut seringkali menggunakan urut, salah satunya adalah but-but yang sekitar Rp15 hingga Rp25 ribuan.

Minyak but-but atau juga dikenal dengan sebutan minyak burung bubut merupakan salah satu jenis minyak urut tradisional warisan herbal Melayu yang diklaim bernilai tinggi. dan dari minyak ini bermacam-macam, hingga tak heran jika minyak ini disebut sebagai minyak serba guna.

Minyak tradisional ini mulanya ditemukan di Pulau Kalimantan, karena di sana banyak terdapat jenis burung bubut, sebagai bahan utama minyak but-but. Cara membuatnya adalah dengan menggoreng anak burung tersebut dengan banyak campuran minyak dan air untuk mendapatkan minyaknya.

Meski belum jelas adanya penelitian secara medis mengenai khasiat dan manfaat minyak but-but, namun khasiatnya untuk menyembuhkan patah tulang dirasa tidak diragukan lagi. Minyak but-but seringkali digunakan sebagai minyak gosok atau obat gatal karena tidak merusak saraf kulit, sekilas mampu menggantikan minyak kayu putih dan segala fungsinya. Untuk bayi, minyak ini memiliki seperti minyak telon yang membuat badan bayi menjadi hangat dan kulitnya menjadi lebih halus dan terjaga.

“Kami sekeluarga rutin menggunakan minyak but-but sebagai obat luka, maklum anak-anak sering bermain dan kadang kala terluka,” ucap salah satu .

Konon, pada zaman dahulu minyak ini juga digunakan oleh pendekar dalam kegiatan berlatih pencak silat. Karena minyak ini disebut-sebut mampu merawat patah tulang, lebam, dan luka. Minyak ini juga banyak digunakan sebagai minyak urut wanita selepas proses persalinan.

Adanya kandungan cocos nucifera dalam minyak but-but juga diklaim mampu melembutkan rambut, menjadikan rambut lebih hitam, serta mengurangi ketombe pada kulit kepala. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak ini pada kulit kepala secara merata, lalu oleskan juga pada tiap helai rambut sebelum tidur. Bungkus kepala dengan menggunakan handuk dan pada keesokan harinya, rambut dibilas bersih dengan menggunakan shampo. Untuk hasil yang optimal, perawatan ini bisa dilakukan 3 hari sekali.

Minyak burung bubut juga mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal serangan radikal bebas dan mencegah tumbuhnya bercak-bercak pada kulit. Dengan mengusapkan minyak ini pada kulit secara rutin setiap pagi dan malam hari dan dibiarkan selama 1 hingga 2 jam diyakini mampu menyehatkan kulit wajah serta mengurangi komedo, flek, serta mencegah timbulnya jerawat.

Keuntungan lain yang diperoleh dari kebaikan minyak but-but ini adalah mampu mengurangi bau badan. Keringat sebenarnya tidak berbau, namun bisa menjadi media untuk berkembangnya bakteri aerob yang berkembang di wilayah ketiak dan pangkal lengan. Dengan menggunakan minyak ini, maka perkembangan bakteri di pangkal lengan dan seputar ketika dapat dibunuh dan diatasi, sehingga tidak menyebabkan bau yang menyengat.

Loading...