Dijual di Apotik dengan Harga Murah, Teh Daun Jati Turunkan Berat Badan?

Teh Daun Jati - www.dailymoslem.comTeh Daun Jati - www.dailymoslem.com

Banyak cara yang dilakukan orang ketika melakukan diet guna mendapatkan tubuh yang ideal. Selain rutin berolahraga dan membatasi berlemak, cara yang sering dilakukan adalah mengonsumsi daun jati asli Cina. Pasalnya, yang di dan apotik () dengan mulai Rp6 ribuan untuk kemasan 35 gram ini dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan cepat dan melunturkan lemak di tubuh.

Menurut laman Alodokter.com, seduhan teh daun jati memiliki kandungan zat yang bernama sennosida. Zat inilah yang membuat peminum teh daun jati akan bolak-balik ke belakang (toilet) untuk buang air besar karena sennosida mengiritasi lapisan dalam usus. Efek yang mirip obat pencahar inilah yang diyakini para mampu membantu menurunkan berat badan.

Namun, efek tersebut sebenarnya bisa mengkhawatirkan karena dapat mengganggu fungsi pencernaan. Ia berfungsi mirip dengan obat pencahar yang akan ‘menguras’ isi usus orang yang meminumnya. Karena itu, dokter umumnya tidak menganjurkan meminum ramuan ini dalam jangka panjang atau lebih dari dua minggu. teh daun jati per hari pun sebaiknya dibatasi hanya 8,5 mg sekali minum, maksimal dua kali ketika pagi dan petang.

“Saat program diet ketat dan Anda menggunakan obat pencahar yang memaksa tubuh mengeluarkan sesuatu, yang pertama kali hilang adalah glikogen (simpanan karbohidrat di hati), protein di otot, dan air,” papar Leona Victoria Djajadi, seorang nutrisionis dan Master of Nutrition and Dietetic dari University of Sidney. “Glikogen akan digunakan untuk menyuplai otak, sedangkan protein lebih mudah diolah menjadi energi. Jadi, penurunan yang cepat bukan berarti lemak yang hilang.”

Di samping itu, Leona menambahkan bahwa penggunaan obat pencahar atau diuretik memaksa tubuh mengeluarkan sesuatu dari dalam, biasanya sebagian besar terdiri dari air. Hal ini akan membuat tubuh mengalami dehidrasi dan kehilangan ion-ion penting. “Lama-lama, mobilitas usus juga berpotensi tergantung pada obat tersebut,” sambung Leona.

Saat ini, daun jati Cina yang bisa digunakan untuk minuman teh memang telah banyak dijual di berbagai apotik dengan harga mulai Rp6.000 untuk kemasan 35 gram. Selain itu, ada juga apotik yang menawarkan daun jati Cina kemasan 500 gram dengan harga hanya Rp6.500. Anda sendiri yang bisa menentukan apakah menggunakan teh daun jati Cina sebagai obat pelangsing atau tidak.

Loading...