Dijadikan Alat Sterilisasi, Harga Mesin Ozone Generator Dijual Mulai Ratusan Ribu Rupiah

Mesin Ozone Generator - (Sumber: mesin-air-minum.com)

Di industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), air minum isi ulang maupun industri minuman ringan, biasanya menggunakan ozone generator. ini akan mengubah O2 menjadi O3 untuk selanjutnya diinjeksikan ke dalam air.

Fungsi ozon generator adalah untuk sterilisasi air minum terhadap bakteri, kuman, dan virus, racun dengan menguraikan Metallic Hydronium dan juga untuk meningkatkan oksigen sehingga kualitas air lebih bersih.

Mesin ozone generator juga digunakan di dalam kolam renang, spa dan tempat lainnya sebagai sterilisasi terhadap bakteri yang efektif menggantikan fungsi kaporit. Mesin tersebut juga dipakai di dunia dan rumah sakit untuk treatment pasien dengan penyakit tertentu, misalnya kanker.

Untuk harganya sendiri beragam. Ada yang dijual dengan Rp 500.000 yaitu Ozone Generator Hanaco 0.25 gram/h. Mesin ozone dengan di atas itu juga banyak, ada yang dijual dengan Rp 1.600.000 (Ballast Ozon Sterilight), Rp 4.800.000 (Sterilight S2), hingga puluhan juta rupiah, yaitu Rp 25.500.000 untuk merek High Capacity Ozone Generator 40gram/h.

Sehubungan dengan mesin tersebut, Diponegoro (Undip) menghasilkan mesin generator ozon sebagai salah satu hasil yang sudah dihasilkan dan dihilirisasikan oleh Undip untuk teaching industry. Hasil tersebut sudah diserahkan oleh Menteri Riset dan Pendidikan (Menristekdikti) Mohamad Nasir kepada kelompok tani dengan nama D’Ozone.

“Fungsi D’Ozone ini menggunakan teknologi plasma penghasil ozon untuk memperpanjang masa simpan daging, ikan, sayur dan buah,” ujar Muhammad Nur, penggagas teaching industry Undip.

Ia menjelaskan bahwa teknologi tersebut bisa menurunkan kadar residu pestisida pada sayuran dan buah-buahan, mengurai senyawa organik dan mengoksidasi logam berat, dengan kandungan gizi, rasa dan warna tetap terjaga.

“Jadi petani, peternak, maupun nelayan bisa lebih efisien secara ekonomis untuk -produk yang dihasilkan,” terangnya.

Saat ini, Undip juga sedang mengembangkan terobosan baru untuk menggunakan ozon di dalam teknologi kedokteran, antara lain untuk teknologi cuci darah, kanker, dan teknologi pengobatan lain.

Sebelumnya, Undip menciptakan sistem penyimpanan produk pertanian, khususnya sayuran dan buah-buahan yang lebih awet dengan teknologi ozon. “Sistem ini bisa memperpanjang masa simpan produk pertanian dan aman,” kata pimpinan Centre for Plasma Reseacrh Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Undip Dr. M. Nur, DEA.

Menurutnya, sistem tersebut bekerja dengan pencucian dan penirisan menggunakan air berozon sehingga menghilangkan jamur, bakteri, kapang, dan pestisida yang bisa memicu pembusukan produk pertanian.

Mantan Dekan FSM Undip itu mencontohkan misalnya pada tanaman cabai yang tanpa perlakuan khusus, biasanya akan rontok dalam tiga hari, namun bisa bertahan tiga bulan lebih jika sudah dilakukan perlakuan dengan teknologi ozon.

“Apalagi, teknologi ozon ini murah. Generator ozon yang kami buat ada dua unit dengan masing-masing enam generator bisa menghasilkan ozon sebesar 300 gram/jam dan 500 gram/jam,” katanya.

Loading...