Digunakan Untuk Membuat Martabak Manis, Loyang Isi 7 Dijual Dengan Harga Bervariasi

Loyang Isi 7 - (Sumber: tokopedia.com)

Martabak manis belakangan ini menjadi salah satu populer. Hal ini disebabkan karena kreativitas dalam menyajikannya. Salah satu hal yang menarik perhatian adalah martabak disajikan dengan beraneka ragam toping di atasnya.

Dalam membuat martabak manis, Anda memerlukan tempat/cetakan yang disebut dengan loyang. Jenis loyang ini pun bermacam-macam, ada yang isi 7, 12, 15, dan lain-lain. Khusus loyang martabak isi 7, di toko peralatan memasak, alat tersebut mulai dari Rp 89.000-198.000. Mereknya pun beragam, ada Happy Call, Signora, maupun Hakasima.

Selain di toko, Anda juga bisa membelinya melalui situs jual online seperti Lazada, , Tokopedia, dan lain-lain. membeli online adalah Anda tidak perlu keluar rumah untuk melihat-lihat, memilih, dan membeli. Anda hanya tinggal menunggu diantar sampai ke rumah, setelah menyelesaikan langkah-langkah online.

Apabila Anda berdomisili di daerah Jakarta, dapat mengunjungi salah satu toko di pasar Mayestik yang menjual loyang dengan harga miring, Toko Hidup Berkah. “Kebanyakan barang di sini dibuat dari home industry. Biasanya diambil dari daerah Citereup, Bogor. Ada juga dari Surabaya dan Yogyakarta. Tapi ada juga barang buatan pabrik,” ucap Ikus Lahmudin yang biasa dipanggil Pak Udin, pemilik toko

Jika melihat loyang di Toko Hidup Berkah, ada perbedaan pada loyang buatan pabrik dan rumahan. pabrik warnanya kebanyakan abu-abu tua dengan yang terlihat lebih kokoh dan tebal. Sedangkan produk industri rumahan warnanya silver dan bahannya kelihatan lebih tipis karena terbuat dari yang tipis.

Untuk harga loyang dan cetakan, menurut Pak Udin itu tergantung ukuran serta bahan pembuatnya. Cetakan seharga Rp 4.000 hingga Rp 70.000 bisa ditemui di sini. Bila kehabisan barang yang ingin dibeli, bisa dilakukan pemesanan terlebih dahulu. Omzet yang didapatkan mengalami peningkatan drastis ketika menjelang lebaran.

Loyang dan cetakan tersebut dapat digunakan untuk berbagai macam kue atau jajanan, salah satunya adalah martabak manis. Dalam membuatnya, perlu diperhatikan cita rasa martabak itu sendiri. Cita rasa garing dapat bertahan lama hingga tiga minggu setelah dibuat, dengan catatan, tidak ada topping keju atau pisang di dalamnya.

”Pisang dan keju mengandung air, jadi ketika menjadi topping, akan membuat adonan martabak menjadi lembap. Jadi, kalau garingnya mau tahan lama, bisa pilih topping kismis atau cokelat. Tanpa pengawet, rahasianya ada pada adonan dan pengapian,” ucap Ricko, karyawan Martabak Bangka Asan, Kota Bandung.

Topping yang dicari konsumen adalah topping klasik, seperti keju dan cokelat. Dalam sehari, mereka biasanya menjual hingga seratus loyang martabak. Jumlah ini bisa meningkat dua hingga tiga kali lipat ketika akhir pekan.

Loading...