Digunakan Untuk Keperluan Rumah Tangga, Harga LPG 3 Kg Plus Tabung Dijual Kisaran Rp 125.000-186.800

LPG 3 Kg - (Sumber: berkah-lpgindonesia.blogspot.co.id)

Produk Tabung berukuran 3 kg dianggap sebagai solusi dari dalam melaksanakan program diversifikasi energi yang dicanangkan oleh dalam mengkonversi penggunaan minyak tanah menjadi Elpiji.

Elpiji didesain dalam kemasan tabung yang sudah sesuai dengan standar serta diuji secara berkala. Tekanan LPG di dalam tabung jauh di bawah tekanan pecahnya tabung. Jika tekanan gas dalam tabung berlebih, tekanan ini akan diseimbangkan dengan menggunakan safety.

LPG 3 kg dapat dibeli di berbagai toko di seluruh kota yang ada di . Untuk harganya sendiri, dapat dibedakan menjadi tabung LPG isi ulang atau LPG dengan tabungnya. LPG 3 kg plus tabung dijual Rp 125.000-186.800. Anda bisa membelinya di agen-agen yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti di Aceh, Sumatra, Riau dan Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Bali, Bangka-Belitung, Banten, Bengkulu, dan DI Yogyakarta.

Produk dari Pertamina tersebut sering digunakan oleh keperluan , seperti memasak, merebus air, dan lain-lain. Selain ukuran 3 kg, kini tersedia juga LPG Bright Gas ukuran 5,5 kg (warna pink). Hal tersebut sempat menimbulkan kesan pada bahwa produk tersebut akan menggantikan keberadaan LPG 3 kg. Tetapi, hal tersebut dibantah oleh Pertamina.

“Itu tidak benar (penarikan gas LPG 3 kilogram). Memang kita punya program tukar dua tabung LPG 3 kilogram dan membayar Rp105.500 akan diganti dengan tabung bright gas 5,5 kg baru plus isi,” kata Area Manager Communication & Relations Jawa Bagian Tengah, Andar Titi Lestari.

Ia meyakinkan bahwa program tersebut sebagai sebuah promosi bagi masyarakat yang tertarik. Bahkan, untuk menjamin ketersediaan bagi masyarakat, Pertamina MOR IV menyalurkan penambahan fakultatif sebanyak 335.560 tabung.

“Itu murni program promosi bagi mereka yang tertarik, dan yang mampu serta punya LPG 3 kg kita ajak dengan program ini. Tapi sekali lagi ini bukan paksaan, dan murni program promosi. Kami tidak pernah melakukan pengurangan, justru seringnya menambah, apalagi menarik,” tegasnya.

Di beberapa daerah di Indonesia, misalnya di Semarang, LPG 3 kg dinilai langka, sehingga sejumlah pedagang mencari lebih. Sebagian besar dari mereka tidak lagi mematuhi harga eceran tertinggi (HET) dari Rp 15.500 per tabung, dan menjualnya hingga Rp 25.000 per tabung.

“Sekarang mulai ada, tapi harus pesan dulu sama pedagangnya. Harganya Rp19.000 per tabung, padahal biasanya Rp17.500. Meski harganya mahal ya tetap dibeli untuk memasak. Kita enggak ada pilihan lain. Mana mungkin sekarang memasak pakai kayu,” terang Enih Nurhaeni, salah seorang warga Semarang.

Seorang pengecer gas elpiji di Kelurahan Pudakpayung Kecamatan Banyumanik Kota Semarang mengaku bahwa permintaan gas elpiji ukuran 3 kilogram (kg) meningkat drastis. Bahkan, 50 tabung gas LPG 3 kg yang baru tiba langsung diserbu pembeli.

Loading...