Digunakan Di Berbagai Tempat, Genset Yanmar 30 Kva Dijual Kisaran Harga Rp 150 Juta

Genset Yanmar 30 Kva - (Sumber: tokopedia.com)Genset Yanmar 30 Kva - (Sumber: tokopedia.com)

Genset merupakan sebuah benda yang dibutuhkan serta digunakan di berbagai tempat, seperti kantor, toko, keperluan industri, dan di tempat lainnya. Benda tersebut berfungsi untuk mengalirkan listrik ketika mungkin sedang terjadi pemadaman dari PLN.

Telah tersedia beberapa genset di pasaran. Yanmar menjadi salah satunya. PT Hargen Nusantara menjadi salah satu distributor genset tersebut. Genset itu dengan bersaing dan berkualitas. Genset Yanmar yang mereka jual diberi garansi 1 tahun atau 2000 jam kerja.

Beberapa genset Yanmar yang dijual berbeda (kVA/kilo volt ampere). Mulai dari 8 kVA, 10 kVA, 12,5 kVA, 25 kVA, 30kVA, sampai 60 kVA. Harganya tentu berbeda-beda. Untuk 8 kVA, harganya mulai Rp 71.550.000. Sedangkan, untuk yang lebih besar lagi seperti 30 kVA, harganya di atas Rp 150.000.000.

Selain dijual dalam keadaan baru, Genset Yanmar juga ada yang menjual dalam keadaan bekas tetapi masih layak pakai. Harga jual genset tentu saja turun, yaitu sekitar Rp 70.000.000-95.000.000.

Pembuat untuk Yanmar dari Jepang beberapa waktu lalu menambahkan genset dual-fuel ke dalam jajaran empat tak. Genset dengan enam silinder, 260mm bore EY26DF sudah tersedia sebagai propulsi untuk dipasang pada kapal tunda berbahan bakar gas yang sedang dibangun oleh Mitsui OSK Line, dan mitra gensetnya, yang nantinya akan menghasilkan output 1.533 kW akan segera diluncurkan.

mengklaim bahwa genset tersebut sudah dilengkapi dengan kontrol aliran udara yang inovatif, yaitu adanya katup gerbang limbah yang akan mengendalikan udara inlet sesuai tekanan silinder. Fungsi katup tersebut tidak hanya mengendalikan udara, tetapi juga mencegah ketukan dan ‘misfiring’. Hal ini memungkinkan pemilik dapat memasang mesin yang lebih kecil.

Jelle Westerhof, manajer area Yanmar Europe menjelaskan bahwa sistem kontrol aliran udara berarti daya mesin tidak turun saat menggunakan gas dengan nilai kalor rendah (jumlah metana kurang dari 80). Sebagai gantinya, mesin mengurangi jumlah udara dalam campuran.

“Rasio BBM terhadap udara berubah secara , itulah alasan Anda dapat mempertahankan kekuatan mesin Anda. Dengan mesin lain, Anda perlu membangun lebih banyak kekuatan untuk memperhitungkan ini, misalnya jika Anda memerlukan hasil sebesar 1.500 kW, Anda mungkin memerlukan mesin 1.650kW,” ujar Westerhof.

Dibandingkan dengan mesin diesel EY26, 6EY26DF memberikan 84% NOx, 25% CO2, dan 99% Sox and PM reductions, yang akan memenuhi batas Tier III NOx IMO. Dalam mode gas, mesin baru ini melampaui rasio termal mesin diesel Yanmar saat ini, yaitu 46,8%.

Versi delapan silinder dari mesin EY26 sedang dalam pengembangan, dan Yanmar mencatat dalam siaran pers bahwa pihaknya akan melanjutkan upaya mereka untuk mengembangkan lini mesin dual-fuel.

Yanmar memiliki kapasitas untuk membangun 2.500 mesin per tahun dari pabriknya di Jepang, di mana semua mesin Yanmar diproduksi. Sekitar 70-80% hasil (output) pabrik adalah genset, dengan sekitar separuh dari mereka ditujukan untuk pasar Jepang dalam kemasan kontainer, kapal tanker dan kapal curah.

Loading...