Dibuka November, Berapa Tiket Masuk Kebun Raya Kuningan?

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Kuningan

KUNINGAN – Tidak lama lagi, masyarakat di kawasan Cirebon dan sekitarnya bisa kembali berkunjung ke Raya Kuningan. Pasalnya, yang sempat ditutup untuk umum sejak tanggal 21 Desember 2015 tersebut bakal segera kembali dibuka sekitar minggu ketiga bulan November atau paling lambat bulan Desember mendatang, menanti penyelesaian di tempat tersebut. Sementara, untuk , meski belum dirilis secara resmi, namun berkisar Rp10.000 hingga Rp20.000.

“Semula, berencana membuka Kebun Raya Kuningan ini sebelum bulan November. Tetapi, karena berbagai pembangunan fasilitas pendukung belum selesai, akhirnya diundur hingga pekan ketiga November,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Amirudin. “Minggu ketiga November, Kebun Raya Kuningan sudah bisa dikunjungi oleh masyarakat dan juga .”

Kebun Raya Kuningan ini, sambung Amirudin, diharapkan bisa mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD) yang besar bagi daerah. Terlebih, lokasi kebun ini mudah diakses dari wilayah Cirebon dan Majalengka. “Kebun Raya Kuningan ini sudah menjadi ikon Kabupaten Kuningan. Dengan panorama alam yang luar bisa, ditambah kemudahan akses, tentu bisa menarik wisatawan untuk berkunjung,” lanjutnya.

Pemerintah daerah saat ini memang tengah fokus untuk menuntaskan pembangunan fasilitas dan sarana pendukung di Kebun Raya Kuningan. Selain sudah tersedia cottage, fasilitas lainnya untuk memanjakan wisatawan juga terus digarap. Di samping itu, akses jalan menuju tempat wisata ini juga akan diperlebar agar bisa dilewati kendaraan besar, seperti bus.

“Jalan yang sekarang, terutama dari samping Masjid Pasawahan itu, terlalu sempit, dan tak mungkin dilebarkan karena padat rumah penduduk,” papar Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, S.H. “Jadi, solusinya adalah membuat jalan baru yang lebar, namun tetap akan menyambung dengan jalan yang lama. Hanya, di pintu masuk yang dialihkan, tetapi ke sananya tetap menggunakan jalur lama.”

Kebun Raya Kuningan disebut kebun raya paling unik karena banyak batuan-batuan di sepanjang jalan menuju tempat tersebut. Meski saat ini masih dalam pembangunan dan , namun ada beberapa spot yang sudah bisa dinikmati, khususnya untuk berfoto, di antaranya patung kuda, air mancur, Kuning, hingga Tipikal Gunung Ciremai.

Loading...