Dibanderol Harga Puluhan Juta Rupiah, Alat Kangen Water Tetap Diminati

Alat Kangen Water - www.tokopedia.comAlat Kangen Water - www.tokopedia.com

Munculnya kangen water memicu berbagai reaksi di Indonesia. Air ini disebut memiliki beragam bagi . Tetapi, benar tidaknya beragam manfaat kangen water masih diragukan.

Selain produk air mineral yang diminati, pemroduksi kangen water. untuk air dengan pH basa buatan Enagic USA Inc ini menjadi produk yang banyak peminat. Menurut Donny Satiya, distributor independen Kangen Water Indonesia, sejak diperkenalkan tiga tahun lalu, peminat kangen water melonjak.

terhadap alat tersebut mencapai 400 mesin tiap bulan. Untuk satu alat kangen water dibanderol dengan Rp 20-70 juta per . Dalam waktu satu menit, alat tersebut bisa memproses 2 liter air. “Air ini bukan ,” kata Donny.

Dari alat tersebut, air mineral biasa dapat diubah sehingga memiliki kandungan yang dibutuhkan tubuh seperti antioksidan, alkali, serta molekul cluster. Penyedia kangen water di Pekanbaru, Wira, mengatakan, ”Dengan alat ini pengguna bisa menentukan potensial hidrogen (pH) air sesuai kebutuhan.”

Alat tersebut dianggap bermanfaat bagi keseharian. Terlebih karena tingkat kontaminasi air oleh radikal bebas dinilai tinggi. Dengan adanya alat kangen water, diharapkan dapat mengurangi dampak tersebut. “Alat ini sangat cocok digunakan untuk menghasilkan air sehari-hari,” kata Wira.

Kangen water bukan berarti air rindu. Kangen berasal dari bahasa Jepang yang berarti era baru. Pada 1980-an, Departemen Kesehatan Jepang mengumumkan hasil penelitian bahwa air dengan ion atau air alkali memberikan manfaat begitu besar pada kesehatan.

Dengan sifat yang sudah menjadi basa, kangen water dengan perlahan menggantikan cairan tubuh yang terlalu asam. Tubuh bersifat asam karena pola makan dan gaya hidup. Air tersebut dipercaya dapat memperlambat proses penuaan sel tubuh, mencegah terjadinya kerusakan gigi dan tulang.

Kangen water juga diklaim akan menetralkan tingkat keasaman (pH) darah sehingga menormalkan aliran darah, lebih efektif untuk masuk ke dalam sel tubuh dan lebih cepat menghidrasi tubuh.

Tetapi, klaim tersebut diragukan sejumlah ahli. Menurut ahli gizi, Emilia Achmadi mengatakan bahwa segala promosi keampuhan air dengan pH di atas 8, seakan dapat menyeimbangkan kondisi asam basa di seluruh tubuh.

“Saya bilang itu pseudo science, ilmiah yang pura-pura,” katanya. “Mereka tidak menipu, tapi tidak memberikan aspek yang benar,” tambah Emilia.

Dari sisi detoksifikasi, menurut gizi dari Institut Pertanian Bogor, Hardinsyah Ridwan mengatakan sebenarnya detoksifikasi bisa dilakukan dengan meminum air biasa. “Konsumsi air yang cukup membuat metabolisme tubuh bekerja dengan baik,” kata Hardinsyah.

Dari banyak keluhan kesehatan yang ada, sebenarnya disebabkan karena hal yang dianggap sepele, yaitu kurang minum air putih. Untuk mengatasi hal tersebut, maka cukup dengan memenuhi konsumsi air putih sesuai anjuran.

Loading...