Dianggap Mirip Kabel NYM, Kabel Listrik NYY 4x35mm Dijual Dengan Harga Per Meter

Kabel Listrik - (Sumber: hargaper.com)Kabel Listrik - (Sumber: hargaper.com)

Kabel pada umumnya berfungsi untuk menghantarkan energi . Kemampuan menyalurkan energi ditentukan dalam KHA atau Kemampuan Hantar Arus dalam satuan ampere.

Jenis kabel instalasi listrik, secara umum ada 3 (tiga) macam, yaitu NYA, NYM, dan NYY. Kabel NYA sering digunakan untuk memasang instalasi listrik di . Untuk jenis NYM, biasanya digunakan di luar ruangan atau di dalam ruangan, atau juga bisa digunakan sebagai pencabang arus listrik atau steker.

Sedangkan untuk jenis NYY, kabel ini sebenarnya mirip dengan NYM, hanya saja, sebagian besar kabel lebih besar dan memiliki isolator lebih kuat dan tebal. Itu sebabnya, kabel ini banyak digunakan untuk instalasi gedung, apartemen pabrik, dan lain sebagainya.

Kabel NYY dengan berbagai ukuran dan juga banyak ragamnya. Ada yang NYY 16-500 ( per meter), ada pula NYY 2×1.5, 2×2.5. Ada juga kabel listrik NYY Supreme 4x35mm. Untuk kabel jenis Nyy 4x35mm Supreme seharga Rp 125.000 per meter.

Kabel NYY dikenal bagus untuk instalasi di dalam tanah, karena tahan terhadap air, keratan tikus dan kerusakan fisik lainnya. Dengan isolasi dari plastik yang kuat dan berwarna hitam, memiliki inti satu atau lebih, oleh sebab itu, kabel NYY sangat bagus digunakan untuk instalasi dalam tanah.

Seperti diketahui, ketiga jenis kabel tersebut biasa dipakai dalam instalasi , seperti rumah. Kabel itu yang nantinya menyalurkan listrik. Untuk mendapatkan arus listrik, misalnya di rumah, Anda biasa menggunakan stop kontak. Ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan memasang terminal T (T-steker) di stop kontak. Bahkan, ada juga yang menyambungkan stop kontak dengan colokan empat, kemudian masih dicabang lagi dengan terminal T. Tujuannya, supaya colokan muat banyak.

Kebiasaan seperti itu ternyata tidaklah baik. Menurut Product Marketing Partner Retail Business Schneider Electric , Frankco Nasarino Nainggolan, mengatakan bahwa hal tersebut kerap terjadi. Namun, Rino memperingatkan akan bahaya kebiasaan tersebut.

“Stop kontak yang dipasangi banyak terminal berpotensi lebih mudah mengalami kebakaran dan menimbulkan korsleting,” ujarnya.

Ketika ditanya mengenai alasannya, Rino mengatakan bahwa siapapun tidak dapat menjamin penambahan terminal T pada titik kontak secara berulang yang dilakukan selalu tepat (pas). “Bila tidak pas menyambungnya bisa timbul percikan listrik,” tambahnya.

Pada dasarnya, tak ada hitungan jumlah ideal cabang yang disambungkan pada satu stop kontak. Rino mengatakan bahwa hal itu berhubungan dengan kemampuan hantar arus (KHA) dari kabel yang dipakai.

Ada tiga jenis kabel bergantung penggunaan yang biasa dipakai di rumah, yakni NYA, NYY, dan NYM. Bila memakai kabel NYA yang memiliki ukuran 1,5 milimeter persegi dan punya kemampuan hantar arus 11 ampere, misalnya, bisa menahan hingga 2.420 watt. “Menghitungnya, 11 ampere dikalikan tegangan 220 volt. Berarti 2.420 watt kan,” imbuhnya.

Dengan jumlah itu, kata Rino, jumlah watt terpakai di rumah tidak boleh melebihi angka tersebut. “Jadi kalaupun asumsinya hanya ada satu stop kontak, berapapun cabang atau alat listrik yang dicolokkan tidak boleh melebihi batas tersebut,” ujar Rino kembali.

Loading...