Desain Sesuka Hati, Ini Kisaran Biaya Jahit Kebaya untuk Wisuda

Ilustrasi: wanita dengan busana kebaya saat wisuda (instagram: @meylaaaa)Ilustrasi: wanita dengan busana kebaya saat wisuda (instagram: @meylaaaa)

termasuk salah satu momen penting dalam hidup. Oleh sebab itu sebagian ingin tampil secantik mungkin dengan mengenakan kebaya andalannya ketika wisuda. Terkadang ada yang memilih untuk hemat dengan menyewa kebaya atau bahkan ada yang ingin membuat wisudanya benar-benar spesial dengan menjahitkan kebaya wisudanya ke penjahit. Dibanding menyewa, yang dikeluarkan untuk kebaya wisuda memang relatif lebih mahal.

Di salah satu tukang jahit yang berada di Bintaro, Jakarta Selatan misalnya, ongkos jahit kebaya wisuda berkisar mulai Rp 400 ribuan. Kemudian ada juga yang mematok tarif menjahit kebaya mulai Rp 250 ribu hingga Rp 800 ribu, tergantung ukuran dan desain dari kebaya itu sendiri. Jika semakin rumit desainnya dan semakin banyak yang digunakan, maka ongkos jasa yang dikenakan untuk membuat kebaya wisuda pun akan semakin mahal pula.

Jasa menjahit kebaya wisuda semacam ini memang tak pernah surut. Bahkan salah seorang gadis muda bernama Izzatun Ni’ami asal Dusun Karangsono, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar berhasil menjadi jutawan meski baru berusia 22 tahun. “Dulu saya pernah bekerja di toko selama 2 hari, dipikir-pikir kerjanya 12 jam tapi gajinya sedikit, dari situ saya bertekat membuka usaha, jasa jahit ,” kata Izza, seperti dilansir SuaraJatimPost.

Izza bercerita bahwa awal membuka usaha Izza Mode karena ingin membuka lowongan kerja untuk ibu-ibu dan para pemuda yang putus sekolah. “Alhamdulillah, apa yang diimpikan selama ini bisa terwujud, meski yang kerja disini masih 2 orang dan dibantu 7 anak yang sedang magang,” jelas Izza.

Adapun untuk jasa menjahit satu baju dikenai tarif antara Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu, tergantung kerumitan jahitannya. “Untuk bulan ini, kebanyakan yang dipesan jenis gamis dan kebaya untuk acara wisuda dan pernikahan,” paparnya.

Meskipun masih muda, Izza mengaku tak pernah berpikir muluk-muluk soal karier ke depannya. “Yang terpenting bisa terus berkarya sesuai dengan apa yang saya bisa, mumpung masih muda, jadi eksplorasi inilah kunci untuk terus berkreasi dan sukses,” tandas Izza.

Loading...