Data Inflasi AS Loyo, Rupiah Lanjutkan Penguatan ke Level Rp 13.568/USD

rupiah - economy.okezone.comrupiah - economy.okezone.com

Jakarta dibuka 8 poin atau 0,06 persen ke posisi Rp 13.568 per AS di awal perdagangan pagi hari ini, Jumat (15/12). Kemarin, Kamis (14/12) mata uang Garuda berakhir terapresiasi 0,1 persen atau 14 poin ke level Rp 13.576 per AS.

Sementara itu, indeks dolar AS yang mengukur pergerakan The terpantau melemah 0,01 persen menjadi 93,418 pada akhir perdagangan Kamis atau Jumat pagi WIB dipicu oleh data Amerika Serikat yang tak sesuai dengan harapan.

Pada Rabu (13/12), Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan jika indeks harga konsumen (IHK) inti naik 0,1 persen dalam basis yang disesuaikan secara musiman pada November dari bulan sebelumnya, serta naik 1,7 persen dari setahun sebelumnya, lebih rendah dari prediksi pasar sebesar 1,8 persen. Menurut para analis, melemahnya data inflasi saat ini mengurangi ekspektasi terkait kemungkinan Federal Reserve untuk menaikkan lebih cepat pada tahun 2018 mendatang.

Keputusan The Fed untuk menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin menjadi 1,5 persen rupanya tak banyak menyokong laju dolar AS. Para pelaku pasar tampaknya memang telah memperkirakan kenaikan suku bunga acuan AS, oleh sebab itu sentimen Fed Funds Rate tidak terlalu signifikan. Investor justru lebih mencermati risalah FOMC Meeting dari The Fed Janet Yellen yang menyatakan akan ada kenaikan suku bunga lanjutan sebanyak 3 kali tahun depan.

Sentimen-sentimen itulah yang membuat dolar AS loyo terhadap sejumlah mata uang utama, termasuk euro. Indeks belanja sektor manufaktur di Eropa menginjak angka 60,6, lebih tinggi dari proyeksi sebesar 59,8. Indeks belanja perusahaan sektor jasa juga mengalami kenaikan ke posisi 56,5.

Analis SoeGee Futures Nizar Hilmy menjelaskan bahwa pergerakan pasangan EUR/USD pada akhir pekan ini akan dipengaruhi pernyataan Gubernur European Central Bank (ECB) Mario Draghi terkait arah kebijakan Eropa ke depannya. “Penguatan euro terhadap dollar AS kemungkinan akan berlanjut di akhir pekan,” tandasnya.

Loading...