Dapat Diolah Menjadi Barang Kerajinan, Harga Botol Aqua Bekas Dibanderol Per Kilo

Botol Bekas - (Sumber: republika.co.id)

Menimbun botol air mineral seperti Aqua di rumah merupakan kebiasaan yang sebaiknya dihindari. Kecuali jika Anda ingin menjualnya di tempat barang bekas. Biasanya untuk harganya, botol-botol bekas seperti Aqua Rp 3.000 per kilogram (kilo/kg). Botol-botol bekas tersebut bisa diolah kembali menjadi , atau dimanfaatkan untuk hal lain.

Baru-baru ini, PT Danone, produsen AQUA meluncurkan program lingkungan yang dinamai ‘Revolusi Pangan’. Melalui gerakan ini, tersebut mengajak konsumen,  mitra ritel, petani, pemasok barang dan yayasan nirlaba, untuk bersama-sama membuat desain, memproduksi, memasarkan dan mengkonsumsi makanan dengan cara yang baru untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat serta mempertahankan kesinambungan bumi.

“‘Revolusi Pangan’ kami lakukan secara gencar dengan meningkatkan kesehatan masyarakat serta menjaga kesinambungan bumi melalui 5 poin ambisi yang harus dicapai,” kata Karyanto Wibowo, Direktur Sustainable Development, Danone Aqua.

Dalam acara tersebut, peserta yang hadir diminta untuk membuang botol Aqua bekas pakai secara bersama-sama ke dalam tempat sampah berbentuk replika botol AQUA di sela acara Forum for Young Indonesians (FYI).

“Melalui FYI, Danone Aqua memberikan inspirasi dan menyampaikan pesan kepada generasi muda, akan pentingnya menjaga kelestarian bumi untuk terciptanya ketahanan pangan bagi generasi mendatang yang aman dari bahan-bahan pencemar, mengurangi jejak lingkungan termasuk plastik serta meningkatkan dampak sosial yang positif terhadap masyarakat,” ujar Karyanto.

“FYI merupakan acara yang bertujuan mewujudkan sistem ketahanan pangan yang berkelanjutan dengan membuat platform di mana para anak muda dapat turut serta berkontribusi untuk membangun ketahanan pangan, selaras dengan tujuan dari Sustainable Development Goals (SDG) nomor 2 yaitu bebas dari kelaparan. Pada saat ini, diperkirakan 8,4 juta anak mengalami masalah tumbuh kembang dan menderita malnutrisi yang kronis,” tambahnya.

“Harapan kami melalui partisipasi di ‘Forum for Young Indonesians’ dapat memperkuat komitmen Danone Aqua dalam mendorong ‘Revolusi Pangan’, sehingga tercipta ketahanan pangan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang yang sesuai slogan terbaru kami ‘One Planet One Health’,” kata Karyanto.

Lagipula, botol air mineral bekas pakai ternyata membawa dampak buruk bagi kesehatan. Seringkali konsumen memakainya kembali dengan cara mengisi ulang air minum ke dalamnya. Kebiasaan ini ternyata berbahaya bagi kesehatan.

“Bahan kimia tertentu yang terdapat di dalam botol plastik dapat memiliki efek pada setiap sistem di tubuh kita,” ungkap Dr. Marilyn Glenville. Bahan kimia yang terkandung dalam plastik dapat memengaruhi ovulasi, meningkatkan masalah hormon, serta kanker payudara. Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Treadmill Reviews.

Para peneliti menguji botol plastik air minum yang digunakan atlet selama seminggu. Hasilnya, ditemukan lebih dari 900.000 bakteri yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Sebaiknya Anda menggunakan botol kemasan air mineral yang lebih ramah lingkungan. Anda bisa menggunakan botol dengan bahan lain, misalnya stainless steel.

Loading...