Dapat Diakses di Mana Saja, Bagaimana Cara Sewa IP Public Telkom?

Ilustrasi: teknisi jaringan internetIlustrasi: teknisi jaringan internet

ISP (internet service ) seperti IndiHome dari PT Indonesia biasanya menggunakan IP dynamic (berubah-ubah). Sedangkan beberapa orang mungkin masih membutuhkan IP public. Dengan memiliki IP public memungkinkan pengguna untuk mengaksesnya dari jaringan di luar jaringan Anda. IP publik biasanya bisa didapat dengan sewa (beli) pada pihak penyedia internet yang bersangkutan.

Telkom sendiri menawarkan yang dinamakan DDNS Pro atau Dynamic Domain Name System. “Dynamic DNS (DDNS) adalah sebuah sistem yang memungkinkan Anda untuk tetap dapat mengakses perangkat di rumah/kantor anda (seperti kamera atau PC), meskipun koneksi internet anda ber-alamat IP dinamik. DDNS akan langsung mendeteksi IP Anda dan Anda hanya perlu mengingat nama Domain yang Anda daftarkan di sistem DDNS. Otomatis!” demikian seperti dilansir dari situs IndiHome.

Dengan memiliki DDNS tersebut pengguna dapat meremote server, IP kamera, atau DVR di rumah dari jarak jauh. DDNS Telkom ini tersedia dalam beberapa pilihan paket, yakni paket Gratis, Basic, dan Pro. Adapun untuk paket gratis ini hanya untuk digunakan selama 30 hari setelah pertama. akan memperoleh 1 hostname dengan nama domain yang agak panjang, karena menggunakan nomor IndiHome (tipe domain A).

Sedangkan untuk paket Basic direkomendasikan bagi pelanggan yang ingin upgrade dari paket trial. Dengan harga Rp 10 ribu per bulan, pelanggan akan memperoleh fitur yang sama seperti paket gratis. Nah, jika ingin fitur yang lebih bisa menyewa atau berlangganan paket DDNS Pro dari Telkom seharga Rp 15 ribu saja per bulan. Dengan DDNS Pro, pelanggan mendapatkan 10 hostname yang dapat digunakan untuk perangkat yang berbeda, dengan domain name custom yang tentunya lebih mudah diingat. Tipe domain untuk DDNS Pro adalah A, MX, dan NS.

Cara berlangganan DDNS pun cukup mudah. Tanpa apapun, pelanggan cukup mendaftarkan no. IndiHome dan nantinya sistem IP Dynamic yang akan bekerja. Sehingga pelanggan dapat menggunakan hostname yang mudah diingat untuk IP Address. Hostname akan otomatis terupdate setiap saat IP Address berganti.

Loading...