CME Siap Kenalkan Kontrak Berjangka Bitcoin, Harga BTC Lampaui Level $ 7.000

Bitcoin - themalaysianreserve.com

Mata uang virtual Bitcoin melonjak melampaui rekor tertinggi 7.400 pada hari Jumat (3/11) kemarin. Bitcoin berhasil menembus USD 7.000 untuk pertama kalinya pada Kamis (2/11) dan ditutup di level USD 6.895,41 menjelang akhir . Hari ini, Sabtu (4/11) berdasarkan Coindesk Bitcoin Price Index, BTC naik 1,05% ke posisi USD 7.236,89 (sekitar Rp 97,6 jutaan) setelah dibuka pada level USD 7,161,45/1 BTC. Sepanjang hari ini Bitcoin diperdagangkan pada rentang USD 6.994,88 hingga USD 7.263,18.

Para beranggapan bahwa institusional lebih bisa menghangatkan token usai operator derivatif CME Group mengumumkan bahwa pihaknya akan memperkenalkan kontrak berjangka bitcoin akhir tahun ini. CME juga mengatakan bila kontrak berjangka bitcoin akan dibayar secara tunai dan didasarkan pada CME CF Bitcoin Reference Rate (BRR). CME CF BRR sendiri telah dirilis bulan November 2017 lalu bekerjasama dengan platform perdagangan online yang berbasis di London, Crypto Facilities.

“Bitcoin memecahkan rekor tertingginya karena pengakuan yang tak terbendung dari masyarakat berpotensi untuk membuat pembayaran sederhana, hemat biaya, dan cepat,” ujar Pavel Matveev, CEO di Wirex. “Peningkatan pesat dalam beberapa hari terakhir sangat berkaitan dengan kebangkitan di antara keungan, sehingga Bitcoin telah mengubah bagaimana pemikiran dunia tentang uang,” imbuh Matveev.

“Keputusan CME Group baru-baru ini untuk menyediakan kontrak derivatif berbasis Bitcoin dan pengakuan Jepang terhadap Bitcoin sebagai bentuk pembayaran resmi mengindikasikan bahwa kebijakan utama mulai menerima Bitcoin. Konsekuensi dari hal ini sangat besar karena meningkatkan kepercayaan pelaku seputar pengembangan produk dan bitcoin,” ucapnya lagi.

Akibat pengumuman CME, total nilai dari arus cryptocurrency telah meningkat hingga USD 200 miliar untuk pertama kalinya. Saat ini pangsa pasar bitcoin saja menembus USD 121 juta. Harga bitcoin dilaporkan telah meningkat 640% sejak awal tahun 2017. Sementara itu, kripto yang baru dibuat, Bitcoin Cash (BCH) juga membuat kenaikan yang signifikan, diperdagangkan sekitar USD 673,85 (Rp 9 jutaan), naik 19,67% selama 24 jam terakhir dan mencatatkan pertumbuhan luar biasa mencapai 91,65% selama sepekan terakhir.

Loading...