Cegah Terjadinya Cacat Produksi, Berikut Biaya Training Six Sigma

Ilustrasi : Buruh pabrik mengecek kualitas produk

Six Sigma merupakan salah satu yang sangat berfokus terhadap pengendalian dengan mempelajari produksi secara keseluruhan. Bertujuan untuk mencegah terjadinya cacat produksi hingga menghemat waktu pembuatan produk, untuk melakukan training ini memang tidak bisa dikatakan murah.

“Six Sigma merupakan praktik yang sulit dan diakui yang menggunakan dan analisis untuk meningkatkan kinerja ,” tulis tnv.co.id. “Dengan tujuan meningkatkan keuntungan dengan menghilangkan kesalahan, limbah, dan pengerjaan ulang, Six Sigma menyediakan sarana untuk mengidentifikasi dan mencegah variasi atau cacat-cacat untuk meningkatkan kemampuan prediksi dan keberhasilan .”

Konsep Six Sigma bukan saja mampu untuk memetakan masalah kualitas yang ada, timpal Indonesia Productivity & Quality Institute dalam situs resminya, metodologi yang ada di dalamnya dapat memberikan ukuran-ukuran seberapa besar tingkat kegagalan yang terjadi dalam perusahaan. Konsep ini juga menekankan komitmen terhadap pelanggan untuk memberikan kualitas terbaik dengan biaya paling murah.

Secara konsep, Six Sigma dapat disebut juga dengan sistem komprehensif dan fleksibel untuk memberi dukungan, serta mengoptimalkan proses produksi untuk mencapai nilai efisiensi yang berfokus pada pemahaman akan kebutuhan pelanggan. Dengan metode Six Sigma, perusahaan akan terus berupaya untuk memerhatikan kesesuaian dan keseimbangan antara kinerja yang dilakukan dengan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan.

Saat ini, sudah banyak lembaga yang menyediakan pelatihan Six Sigma. Indonesia Productivity & Quality Institute misalnya, menyediakan training Six Sigma selama dua hari dengan biaya mulai Rp3.500.000 per orang. Jika mengikuti training Green Belt Six Sigma, yang memberikan peserta pelatihan dengan peningkatan kemampuan memecahkan masalah, biaya yang dipatok Rp28 juta per orang, dengan durasi training 12 hari.

Selain itu, TNC Certification juga menyediakan beberapa pelatihan Six Sigma. Black Belt misalnya, dikenakan biaya mulai 500 dolar AS per orang per hari, sedangkan Green Belt dikenakan biaya 750 dolar AS per orang per hari, dan Master Black Belt dikenakan biaya 2.500 dolar AS per orang pe hari. Jika ingin mengikuti training Yellow Belt dan Putih Belt, biaya yang harus dibayar masing-masing 100 dolar AS per orang per hari.

Loading...