Sempat Naik Berkat Isu Perang Dagang, Hari Ini Bitcoin & Ethereum Lagi-Lagi Tergelincir

Bitcoin dan EthereumHarga bitcoin dan Ethereum hari ini, Minggu (25/8), mengalami penurunan - www.vox.com

Bitcoin sepanjang pekan ini kembali mengalami fluktuasi. Harga bitcoin hari ini, Minggu (25/8), mengalami penurunan sebesar 2,31% ke posisi USD10.120,25 atau Rp144,5 jutaan setelah dibuka di level USD10.359,29. Sepanjang hari ini BTC telah bergerak di kisaran USD9.901,49 hingga USD10.366,97 dengan pangsa mencapai USD180,47 miliar.

Bitcoin pada dasarnya mendapatkan sentimen bullish usai Presiden Amerika Serikat meningkatkan tekanan pada China. Pada Jumat pagi, Trump sempat menuliskan cuitan, “Selama bertahun-tahun China telah mengambil keuntungan dari Amerika Serikat.” Kemudian Trump juga menambahkan bahwa China telah merugikan Amerika senilai ratusan miliar setiap tahun.

Guna mencapai ‘keseimbangan’ dalam persamaan , Trump pun menyatakan bahwa sisa USD300 miliar barang dan produk yang bersumber dari China akan dikenai pajak dengan 15%, bukan 10% seperti yang diberlakukan sebelumnya. Hal itu membuat pasar ikut bereaksi. Saham merosot, yuan China pun melemah terhadap USD, dan safe haven naik, termasuk bitcoin.

“Hari ini adalah pertama kalinya BTC bereaksi tajam dalam *waktu-nyata* pada berita utama atau perbaikan (harian) USD/CNY,” kata ekonom pro-cryptocurrency Alex Krüger di Twitter, seperti dilansir Newsbtc.

Korelasi antara cuitan Trump serta reli harga emas dan bitcoin tampaknya telah meyakinkan para analis sekali lagi bahwa bitcoin termasuk salah satu aset safe haven yang telah diperebutkan selama beberapa minggu terakhir. Alhasil, dominasi bitcoin yang berkembang telah mengisap keuntungan potensial untuk sebagian besar altcoin, termasuk ether. Meski demikian, memang memiliki pengguna sendiri. Jaringan terkenal memiliki kapasitas besar serta ada sejumlah proyek dan lembaga terkemuka yang menggunakan protokol atau berinvestasi di ether atas nama klien.

Hari ini ethereum juga nasibnya tak terlalu jauh berbeda dari bitcoin. Kripto terpopuler kedua setelah bitcoin ini turun 1,33% ke posisi USD189,82 atau sekitar Rp2,7 jutaan usai dibuka pada level USD192,41. Sepanjang perdagangan hari ini, ETH telah diperdagangkan pada rentang angka USD186,28 hingga USD192,71 dengan kapitalisasi pasar hingga USD20,31 miliar.

Loading...