Bikin Keren Tampilan Motor, Berapa Harga Cat Carbon?

Harga Cat Carbon

Memiliki sepeda dengan tampilan yang keren dan eye-catching menjadi ‘hukum wajib’ bagi sebagian orang. Nah, salah satu cara yang biasanya dilakukan untuk mempercantik kuda besi adalah menggunakan carbon. Saat ini, sudah banyak bengkel dan pengecatan yang menyediakan jasa ini dengan ratusan ribu hingga jutaan .

“Pengerjaan cat karbon ini sebenarnya sama seperti pengecatan motor biasa,” jelas Ally Rahmatullah, pemilik bengkel Mechanic Carbon yang berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta. “Tetapi, cara kerjanya berbeda karena model carbon water printing ini dilakukan di atas air atau dicelup selama beberapa menit. Kemudian, disemprotkan dengan cairan atau obat, untuk memberikan ketahanan pada lapisan carbon tersebut, baik itu di bodi motor maupun lainnya.”

Sementara, untuk durasi carbon water printing ini, bisa memakan waktu sekitar tiga hari sampai lima hari, sedangkan carbon kevlar membutuhkan waktu hingga 10 hari. ini juga tergantung cuaca. Karena membutuhkan pasokan panas matahari yang cukup agar hasilnya maksimal, maka ketika musim hujan, pengerjaan bisa lebih lama.

“Harga tidak terlalu mahal dan tergantung bagian peranti yang mau dilapisi karbon,” sambung Ally. “Untuk jasa bikin carbon kevlar, biayanya berkisar Rp100 ribu sampai Rp1,5 juta untuk skuter, sedangkan motor sport batangan biayanya mulai Rp100 ribu sampai Rp9 jutaan. Sementara, untuk carbon printing, biayanya berkisar Rp65 ribu sampai Rp850 ribu per komponen untuk skuter, dan Rp100 ribu sampai Rp1,2 juta untuk sport bike.”

Jika Anda ingin mengaplikasikan sendiri cat carbon di Anda, Anda bisa membeli media pattern atau gambar terlebih dulu yang dengan harga mulai Rp45 ribuan. Kemudian, celupkan media tersebut ke permukaan air, diamkan beberapa saat, lalu semprotkan cairan activator di bagian atas pattern. Setelah itu, Anda tinggal mencelupkan objek ke dalam air secara perlahan dan pattern akan membungkus seluruh permukaan objek yang dicelupkan.

Loading...