Hewan Kesayangan Anda Sakit? Ini Kisaran Biaya Veterinarian

Biaya Veterinarian - www.dogingtonpost.comBiaya Veterinarian - www.dogingtonpost.com

JAKARTA – Bagi sebagian orang, punya binatang peliharaan bisa mendatangkan kesenangan tersendiri. Namun, layaknya makhluk hidup lainnya, binatang peliharaan Anda juga bisa terkena atau masalah kesehatan. Nah, untuk lebih optimal, Anda disarankan berkunjung ke veterinarian atau dokter . Memang, jika memutuskan berobat ke veterinarian, akan dikenakan sejumlah biaya.

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk berobat ke veterinarian? Biayanya bervariasi, tergantung tujuan kunjungan pasien. Jika untuk sekadar berkonsultasi, biasanya dokter mematok Rp100 ribuan (bahkan ada yang di bawahnya atau malah gratis). Sementara, apabila untuk kebutuhan vaksinasi, biayanya berkisar Rp50 ribu hingga Rp500 ribu sekali suntik.

Di Hewan Provinsi Kalimantan Barat misalnya, biaya untuk pemeriksaan atau pengobatan hewan unggas berkisar Rp20 ribuan per ekor, sedangkan pemeriksaan atau pengobatan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing mulai Rp35 ribuan per ekor. Untuk tindakan bedah, klinik ini mematok tarif Rp350 ribu per ekor untuk bedah minor (kucing) hingga Rp1,5 jutaan per ekor untuk bedah mayor pada anjing.

Klinik atau dokter hewan sendiri sudah tersebar di banyak lokasi di . Di Denpasar misalnya, ada beberapa klinik hewan recommended, seperti PET VET Drh. Kamal Rizal, SS yang berlokasi di Tegal Kerta, Klinik Hewan DR Dharma di Jalan Raya Sesetan, Klinik & Puskesmas Klinik Hewan FKD Universitas Udayana, Dokter Hewan Kalimutu, Klinik Hewan Kayu Mas di Jalan Surapati, hingga Klinik Hewan Sayang Binatang di Jalan Gunung Soputan.

Melihat tingkah lucu seekor hewan seperti anjing atau kucing memang bisa membuat banyak orang gemas dan ingin memeliharanya. Karena itu, banyak orang yang ingin mengadopsi hewan peliharaan. Namun, apabila Anda ingin memelihara seekor hewan, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, termasuk makanan, waktu, hingga finansial.

“Untuk memelihara hewan, harus menyisihkan waktu dalam sehari demi mengurusnya. Dengan begitu, jika memang merasa sibuk dan tidak memiliki waktu, sebaiknya jangan mengadopsi hewan peliharaan,” jelas Chambaraya Dog Trainer, Aang, dilansir Viva. “Kemudian, finansial. Kalau tidak bisa menyisihkan finansial, jangan harap bisa punya hewan peliharaan yang diimpikan.”

Loading...