Dibutuhkan untuk Sertifikasi Konsultan Pajak, Ini Rincian Biaya Ujian USKP

Biaya Ujian USKP - www.cfoangle.comBiaya Ujian USKP - www.cfoangle.com

Sebelum menjalankan profesinya, rupanya para konsultan di bidang perpajakan diwajibkan untuk mengikuti USKP atau Ujian Konsultan . Ujian satu ini dilakukan untuk memperoleh sertifikat jenjang profesi konsultan yang dilaksanakan oleh KP3SKP dari IKPI (Ikatan Konsultan ). USKP sendiri merupakan prasyarat untuk memperoleh izin praktik konsultasi perpajakan. USKP ditarik bervariasi, tergantung sertifikasi yang diambil oleh calon konsultan pajak.

Adapun untuk biaya dipatok seragam, yakni Rp500 ribu. Nah, untuk jenis sertifikasinya ada 3, yakni Sertifikasi A dengan biaya ujian baru Rp2,5 juta atau jika mengulang Rp500 ribu per mata ujian (maksimal Rp2 juta). Kemudian ada Sertifikasi B dengan biaya USKP baru Rp3,5 juta atau jika mengulang Rp800 ribu per mata ujian (maksimal Rp3 juta). Yang terakhir adalah Sertifikasi C dengan biaya ujian baru Rp5,5 juta atau jika mengulang Rp1,6 juta per mata ujian (maksimal Rp4 juta).

Sebagai , Sertifikat A diperlukan untuk jenjang profesi konsultan pajak WP Pribadi, Sertifikat B untuk konsultan pajak WP Badan, dan Sertifikat C untuk konsultan pajak internasional. Agar bisa mengikuti ujian USKP dengan baik, saat ini juga sudah banyak lembaga bimbingan belajar (bimbel) yang menyediakan program agar calon konsultan pajak bisa lulus USKP dengan baik. Mengenai materi, jadwal, persyaratan, dan rekening untuk pembayaran ujian USKP biasanya akan diumumkan secara rinci di website resmi ikpi.or.id.

“Peran IKPI dalam menyelenggarakan Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP) perlu dipertahankan karena selain untuk menjaga personal dan kode etik, juga biaya ujian bisa menjadi income bagi organisasi,” kata Ketua Umum IKPI, Mochamad Soebakir periode 2014-2019, seperti dilansir Beritasatu.

Soebakir menjelaskan, anggota IKPI dari awalnya hanya 2.532 orang pada awal 2014, tahun ini sudah semakin bertambah jadi 4.651 anggota. “Toh kewajiban membayar uang iuran bulanan ke organisasi (IKPI) masih amburadul. Karenanya USKP sangat diperlukan sebagai sumber pemasukan organisasi hingga iuran wajib nantinya bisa dipatuhi seluruh anggota,” tuturnya.

Loading...