Lisensi Terbangkan Pesawat, Berapa Biaya Type Rating di JATC?

JATC by CAS People - jatc.aeroJATC by CAS People - jatc.aero

Mungkin banyak yang mengira bahwa jika sudah lulus penerbangan dan memiliki lisensi pilot, seseorang sudah boleh menerbangkan . Ternyata, setelah lulus pendidikan, penerbang-penerbang ini masih harus menjalani type rating untuk terbang dengan pesawat tertentu. Untungnya, saat ini sudah ada banyak yang menyediakan layanan tersebut, seperti JATC by CAS People serta sejumlah sekolah swasta milik , dengan bervariasi.

Dilansir dari situs resmi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, biaya ujian untuk memperoleh lisensi, type rating sudah diatur dalam PP No. 11 tahun 2015 Tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Tarif ujian tertulis type rating untuk pesawat besar (large aircraft MTOW), helicopter, pesawat bermesin turbo jet, dan pesawat baling- baling masing-masing sebesar Rp300.000 per orang.

Sayangnya, untuk mengikuti pelatihan type rating, biaya yang dikeluarkan cukup menguras kantong. Siswa perlu menyiapkan dana setidaknya Rp300 juta untuk mengikuti training ini. Ada pilihan pelatihan yang dapat diikuti siswa. JATC misalnya, menyediakan type rating untuk pesawat A320 and B737NG, yang biasanya membuka pada bulan Januari setiap tahunnya.

Type rating sendiri biasanya meliputi satu bulan ground course atau pembelajaran di kelas, dan dua bulan pembelajaran simulator, dengan pilot pemula akan memperoleh 40 jam terbang di simulator. Setelah pilot pemula dinilai mumpuni menerbangkan pesawat di dalam simulator, ia akan mulai menerbangkan pesawat yang sesungguhnya dengan panduan instruktur.

“Line training di awal biasanya kurang lebih 30 sampai 40 jam. Mereka masih duduk di tengah. Kalau di kokpit itu ada kapten, kopilot, dan di belakang mereka ada yang di tengah. Jadi, dia (siswa) masih mengamati,” papar Manajer HRD Sriwijaya Group, Agus Setiawan, dilansir Kumparan. “Setelah 30 jam, ia akan duduk di kursi kopilot. Pada fase ini, ia didampingi instruktur selama 80 hingga 100 jam.”

Loading...