Ingin Transfer Dana? Ini Biaya Transaksi LinkAja

Aplikasi LinkAja untuk keperluan transaksi keuangan - katadata.co.id

JAKARTA – Saat ini, dompet digital telah menjadi pilihan banyak orang untuk melakukan sejumlah transaksi, termasuk ketika ingin mentransfer . Ada banyak dompet digital yang bisa dimanfaatkan, antara lain LinkAja, DANA, Go-Pay, hingga OVO. Namun, untuk melakukan transaksi, biasanya pengguna akan dikenakan sejumlah biaya.

LinkAja misalnya, dilansir dari situs resminya, menerapkan biaya sebesar Rp1.500 per transaksi jika pengguna ingin melakukan setor tunai (cash in) ke mitra layanan keuangan digital, sedangkan biaya ke GraPARI Telkomsel gratis. Sementara, jika ingin tarik tunai, dikenakan biaya Rp5.000 per transaksi, sedangkan ke GraPARI Telkomsel gratis. Nah, apabila ingin transfer dana, akan dikenakan biaya Rp6.500 per transaksi ke antar bank, kecuali bank BUMN seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN yang gratis.

Penggunaan uang elektronik seperti LinkAja memang semakin meningkat, terutama ketika musim pandemi seperti sekarang ini. PT Fintek Karya Nusantara mengaku ada peningkatan transaksi sebesar 19,5 persen di ekosistem sepanjang April hingga Mei 2020, dengan peningkatan terbesar terjadi pada tradisional yang mengalami kenaikan sebesar 64 persen.

“Peningkatan transaksi pada ekosistem lokal kami, khususnya pasar tradisional, mengindikasikan bahwa masyarakat sudah lebih sadar mengenai pentingnya uang elektronik dalam pemenuhan kebutuhan esensial,” tutur Direktur Utama LinkAja, Haryati Lawidjaja, dilansir Kontan. “Kebijakan dalam menerapkan jarak sosial dan fisik tentu juga berimbas pada perubahan preferensi tata cara transaksi masyarakat.”

Hingga akhir Mei 2020, LinkAja telah bekerja sama dengan lebih dari 208.830 lokal dan telah mendigitalisasi 451 pasar di Indonesia. Lebih dari itu, guna semakin mendorong adopsi penggunaan uang elektronik di ekosistem lokal, LinkAja menyediakan program cashback sebesar 20 persen bagi seluruh pengguna Full Service untuk pembelanjaan di pasar tradisional serta cashback 10 persen untuk transaksi di modern retail dan lokal.

Loading...