Kembangkan Bakat Sepak Bola Anak Sejak Dini, SSB di Jakarta Patok Biaya Variatif

Sekolah Sepak Bola AnakSekolah Sepak Bola Anak

Minat dan bakat anak-anak memang sudah seharusnya diarahkan sejak dini agar kelak ia mengerti ke mana harus melangkah untuk mengembangkan kemampuannya tersebut. Nah, bagi para orang tua yang buah hatinya memiliki ketertarikan lebih pada dunia , mungkin saat ini tengah bingung menentukan sepak bola (SSB) mana yang terbaik untuk menyalurkan bakat dan minat buah hati. Namun tenang saja, pasalnya ada banyak SSB berkualitas di Jakarta yang mematok beragam untuk calon pesepak bola muda.

Salah satunya adalah SSB Muda Jakarta Utara yang telah berdiri sejak tahun 1996 silam. “ yang kami berikan. Artinya, SSB itu kan tugasnya untuk melakukan pembinaan, bukan semata-mata untuk mengejar prestasi. Kami pun di dalam tetap dan mengikuti sepak bola sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk anak-anak,” kata Dadang Iskandar, direktur dan sekretaris SSB Indonesia Muda, seperti dilansir Tribunnews.

Untuk mendaftar di SSB Indonesia Muda, calon peserta cukup mengisi formulir, akta lahir, kartu keluarga, dan membayar biaya sebesar Rp400 ribu, iuran bulanan Rp50 ribu, dan iuran absen Rp5 ribu setiap hari latihan.

Kemudian, ada juga SSB Bina Taruna Rawamangun Jakarta untuk usia 7-17 tahun dengan biaya daftar awal sekitar Rp600 ribu, sudah termasuk iuran bulanan selama 2 bulan berikutnya setelah mendaftar. Nah, untuk anak-anak yang tertarik untuk berkancah di sepak bola , ada juga SSB yang dibuka oleh beberapa klub luar negeri seperti Liverpool Soccer Academy dengan biaya mulai Rp1,75 juta, kemudian Chelsea Soccer School Indonesia dengan biaya masuk mulai Rp1,2 juta, dan FC Barcelona Escola Indonesia seharga Rp10 juta per bulan.

Tak ketinggalan, klub ternama asal Indonesia seperti Persija juga beberapa waktu lalu meluncurkan Persija Development Center (PDC) di Sawangan, Depok. Program yang berbasis La Masia milik Barcelona ini mematok biaya pendaftaran Rp20 juta dan per bulan Rp7,5 juta. “Mereka dapat sekolah bola, sekolah formal dan aktifitas di akhir pekan. Kita juga ada kerjasama dengan Al Azra. Kita akan terima di awal 100 siswa di tahun pertama,” kata CEO Persija, Ferry Paulus.

Loading...