Biaya Service Mulai Rp500 Ribuan, Apa Penyebab LCD Laptop Bergaris?

Memperbaiki Laptop RusakMemperbaiki Laptop Rusak

Pada sebuah perangkat, baik , tv, maupun gadget lainnya, keberadaan LCD dianggap sangat penting. Maka dari itu kerusakan sedikit saja pada bagian layar LCD akan sangat mengganggu dalam penggunaan. Kerusakan pada LCD tentu saja membutuhkan service untuk memperbaikinya.

Liquid Crystal Display atau LCD, merupakan perangkat penampil (display) dengan komponen utama berupa kristal cair yang sangat populer digunakan sebagai layar pada berbagai perangkat terutama perangkat mobile, seperti laptop (), smartphone, PC tablet, bahkan jumbotron (namun jumbotron umumnya sudah menggunakan LED).

kerusakan pada LCD yang lazim terjadi adalah adanya garis-garis pada LCD. LCD bergaris ini kelihatan sangat mencolok dengan berbagai , mulai dari hitam, hijau, keungu-unguan, biru, kemerah-merahan, dan lainnya. Dengan mendapati layar monitor LCD pada perangkat yang bergaris seperti itu, tentunya Anda akan bertanya-tanya kenapa LCD tersebut sampai bergaris, baik bergaris horizontal maupun vertikal.

Untuk kasus LCD bergaris, sebenarnya monitor tidak benar-benar rusak. Hanya saja pixel kecil pada bagian monitor terjadi error atau dead pixel, sehingga tidak dapat membaca gambar yang sedang dimuat pada PC atau laptop.

Dead pixel yang terjadi pada LCD ini diakibatkan oleh beberapa , di antaranya adalah karena memang kesalahan pabrik yang kurang teliti saat mengidentifikasi pixel yang lemah pada masing-masing monitor, sehingga terkena hentakan atau benturan sedikit saja akan mengakibatkan garis-garis monitor. Atapun karena LCD/monitor pada perangkat sering mengalami tekanan, baik pada saat menyala ataupun saat sedang tidak dihidupkan.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memakai aplikasi atau software bernama PIxel Repairer, di mana aplikasi ini berfungsi untuk mencari lalu memperbaiki dead pixel pada LCD monitor PC atau laptop. pixel repairer ini di antaranya dapat mendeteksi dengan cepat adanya kebocoran pada layar LCD monitor dengan sangat akurat, mampu mengatasi dan memperbaiki dead pixel pada layar LCD monitor, serta dapat memperbaiki layar LCD monitor bergaris.

Apabila kerusakan yang dialami oleh layar LCD monitor masih tergolong ringan, maka layar bergaris pada PC atau laptop akan segera teratasi oleh Pixel Repairer. Namun, jika kerusakan sudah parah, atau setelah menggunakan aplikasi ini tidak menemukan solusi dan layar monitor masih saja bergaris, maka Anda bisa membawa dan memeriksakannya ke sejumlah service center resmi dari monitor tersebut.

“Kalau layar bergaris itu pasti kerusakannya ya ada pada layarnya itu. Karena kalau nggak rusak kan nggak mungkin layarnya jadi bergaris kaya gitu. Kalau untuk laptop, layar sudah bergaris gitu harus diganti layarnya dan kalau diganti layarnya biasanya harganya sih bisa dari Rp500 ribuan sampai Rp1 jutaan,” ucap salah seorang pemilih servis laptop.

Loading...