Tingkatkan Performa Mesin, Segini Biaya Remap ECU Mobil

Remap ECU mobilIlustrasi : Remap ECU mobil - www.pocindonesiacjc.com

JAKARTA – Apakah mobil Anda sudah mulai kendur, mungkin karena faktor usia atau ada masalah lain di ? Jika iya, sebagai salah satu solusi, Anda bisa melakukan remap ECU. Ini merupakan setting ulang proses kinerja agar performa kembali maksimal. Tersedia di banyak bengkel, untuk melakukan remap ECU mobil berkisar jutaan per unit.

Sudah ada banyak bengkel yang menawarkan jasa remap ECU mobil. Jika Anda kebetulan berdomisili di kawasan Jakarta dan sekitarnya, salah satu yang bisa dijadikan rujukan adalah Auto Broundtax Motor (ABM) yang berlokasi di wilayah Depok. Menerima remap ECU untuk mobil-mobil keluaran pabrikan Honda, pihak bengkel menyediakan remap plus tune up dalam satu .

“Remap ECU di bengkel kami ini satu paket dengan tune up. Namun, saat ini, kami hanya menerima untuk pemakaian harian, sehingga belum ada untuk full balap,” tutur owner ABM, Deden Handani, dilansir Otomotifnet. “Kebanyakan yang melakukan servis adalah pemilik Honda Freed dan Civic. Kalau Freed, biasanya karena pemiliknya kurang puas dengan torsi mobil, sedangkan Civic didominasi anak muda yang ingin mobilnya lebih ngebut.”

Karena untuk harian, Deden mengatakan bahwa pihaknya tidak mengubah konstruksi mesin, hanya mengubah bagian software. Biaya remap ECU plus tune up di tempat ini dipatok Rp2 jutaan per mobil. “Jadi, dalam remap ini, kami bongkar dulu mesinnya, kami lihat dulu kondisinya. Remap kalau tidak di-tune up, hasilnya akan kurang maksimal,” tambah Deden.

Sementara, untuk kawasan Bandung, salah satu bengkel yang cukup terkenal dalam melayani remap ECU mobil adalah Asep McGyver. Bengkel ini sendiri melayani remap ECU mobil dari berbagai merk, seperti Honda dan Toyota. Untuk Honda Freed misalnya, biaya yang dipatok Rp2,25 juta, sedangkan biaya untuk Toyota Yaris dan Alphard berkisar Rp3,25 jutaan. “Harga tergantung mobil karena punya kerumitan masing-masing,” jelas Asep McGyver.

Asep menambahkan, untuk melakukan remap ECU mobil, sebaiknya diserahkan kepada ahlinya saja. Karena, remap ECU tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang, harus mereka yang benar-benar paham. Selain itu, remap ECU, seperti laptop yang digunakan, juga harus memiliki spesifikasi khusus. Karena, saat melakukan transfer data dari laptop dengan software khusus ke mobil, tidak boleh terputus.

Loading...