Bisa Dilakukan Di Mana Saja, Segini Biaya Perpanjangan SIM B1 Umum

Biaya Perpanjangan SIM B1 Umum - www.republika.co.idBiaya Perpanjangan SIM B1 Umum - www.republika.co.id

Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan dokumen penting yang perlu diperpanjang setiap 5 tahun sekali. Namun banyak orang yang mungkin resah karena adanya perbedaan alamat domisili dengan yang tertera pada KTP atau bisa jadi banyak juga orang khawatir prosesnya akan berbelit-belit atau menghabiskan yang mahal. Padahal tidak demikian.

Menurut Kasie SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar, perpanjang SIM dapat dilakukan di mana saja asalkan pemohon mempunyai kartu identitas atau e-KTP. “Bisa asalkan memiliki kartu identitas dan SIM belum habis masa berlakunya, karena sudah ,” jelas Fahri di Jakarta, seperti dilansir Kompas. Bahkan para SIM juga dapat memanfaatkan SIM keliling yang tersebar di sejumlah wilayah .

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Bandar Lampung, Kompol Syouzarnanda Mega mengungkapkan bahwa SIM bisa diperpanjang sebelum masa berlakunya habis. “Sesuai pasal 11 ayat 1 Perkap No 9 Tahun 2012, masa berlaku SIM itu lima tahun sekali, dapat diperpanjang sebelum habis masa berlakunya,” katanya.

Apabila terlambat melakukan perpanjangan SIM meski hanya 1 hari, pemohon rupanya wajib untuk ikut ujian ulang seperti permohonan SIM baru. “Untuk penerbitan perpanjangan SIM bisa dilakukan di pelayanan SIM keliling atau langsung di polresta. Pemohon baru wajib di polresta karena ada beberapa tes sebelum mendapat SIM,” tuturnya.

Namun pemohon tak perlu khawatir, sebab proses perpanjangan SIM ternyata cukup singkat, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Adapun untuk biaya perpanjang SIM saat ini masih mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Juknis dan atas Penerimaan Bukan Pajak (PNBP).

Misalnya saja untuk perpanjangan SIM A dan Umum, SIM B1 dan Umum, serta SIM B2 dan Umum dikenai biaya Rp80 ribu. Lalu untuk SIM C biayanya Rp75 ribu dan SIM D Rp30 ribu. Sedangkan untuk persyaratan perpanjangan SIM, diwajibkan untuk membawa kartu identitas (e-KTP atau paspor) asli dan fotokopi, SIM asli yang masih berlaku (setidaknya tersisa masa berlaku 1 minggu lagi), surat keterangan sehat jasmani (bisa juga dengan pengecekan langsung yang biayanya sekitar Rp25 ribu, dan asuransi kecelakaan untuk 5 tahun sebesar Rp30 ribu.

Loading...