Prosedur Mudah, Ini Biaya Pengurusan Sertifikat Laik Fungsi

Bagi yang berencana mendirikan gedung atau rumah, disarankan untuk memiliki sertifikat laik fungsi (SLF)

JAKARTA – Bagi para pengembang atau mereka yang berencana mendirikan atau , disarankan untuk memiliki sertifikat laik fungsi (SLF). Hal ini bertujuan untuk menjamin keandalan fungsi bangunan, baik secara administratif maupun teknis. Menurut situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, sertifikat ini tidak dikenakan alias gratis.

“Sebelum SLF tersebut diterbitkan, pemohon diwajibkan untuk melengkapi yang telah ditentukan,” jelas Kepala Bidang Tata Bangunan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya, Lasidi, dilansir Radar Surabaya. “Di Pemkot Surabaya, tidak ada biaya. Kalau muncul biaya, mungkin itu orang luar (konsultan) yang mengurusi.”

Syarat pengurusan SLF baru untuk bangunan bertingkat sampai 2 lantai atau bentangan struktur sampai dengan 6 meter antara lain fotokopi KTP, fotokopi IMB dan lampirannya (gambar GS), surat keterangan hasil pemeriksaan kelaikan bangunan gedung beserta berita acara hasil pemeriksaan dari SKPD/instansi teknis, dan surat pernyataan bertanggung jawab atas segala risiko yang ditimbulkan terhadap kelaikan fungsi bangunan.

Lasidi menjelaskan, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan oleh pemohon sebelum izin SLF itu diterbitkan. Pertama, pemohon datang ke UPTSA dengan melampirkan berkas sesuai dengan persyaratan. Kemudian, pihak DPRKPCKTR melakukan penelitian berkas-berkas yang diajukan. Jika bangunan gedung dengan luas lebih dari 2.500 meter persegi, rumah susun atau apartemen, maka akan dilakukan pembahasan melalui rapat dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Setelah semua rekomendasi lengkap, SLF dapat diterbitkan dan pemohon dapat mengambil SK SLF beserta lampiran dokumennya,” sambung Lasidi. “Sebetulnya pengurusannya gampang, pemohon melengkapi persyaratan sesuai ketentuan, kemudian diproses, dan terbit. Selain itu, tidak ada biayanya, alis gratis.”

Dengan mengantongi SLF, banyak keuntungan yang akan didapatkan para pelaku . Selain mengetahui jika bangunan gedung yang mereka tempati sebagai lokasi teruji keandalannya dan aman untuk dikunjungi publik, trust dari masyarakat juga akan meningkat. Keuntungan lain, bisa juga berdampak pada harga sebuah bangunan atau gedung yang akan melonjak ketika mengantongi SLF.

Loading...