Besaran Variatif, Biaya Pengukuran Lahan Kini Bisa Dicek via SMS

Seorang petugas sedang mengukur lahan - www.indonesiasurvey.biz

JAKARTA – Untuk membuat sertifikat , atau mengubah status dari girik menjadi SHM misalnya, salah satu prosedur yang harus dilakukan adalah pengukuran . Proses pengukuran ini sendiri memerlukan sejumlah , sesuai dengan luas . Namun, saat ini tidak perlu datang ke Kantor Badan Pertanahan Nasional karena sudah bisa mendapatkan rincian biaya melalui .

Sebenarnya, ini sudah diluncurkan sejak tanggal 1 Februari 2014 lalu. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang kemudahan ini. Padahal, hanya dengan mengetik UKUR(spasi)KODE PROVINSI(spasi)LUAS TANAH dan mengirim ke nomor 2409, masyarakat sudah bisa mendapatkan kisaran biaya pengukuran lahan hanya dalam waktu satu menit.

“Layanan mobile dalam bentuk Layanan SMS Pertanahan dengan kode akses ‘2409’ merupakan salah satu bentuk inovasi layanan yang menunjukkan komitmen BPN untuk terus mencari bentuk-bentuk perbaikan mutu pelayanan,” tulis BPN dalam situs resminya. “Inovasi ini akan memudahkan masyarakat yang sedang berurusan dengan Kantor Pertanahan untuk mengetahui perkembangan urusannya tanpa harus datang ke kantor, juga memperoleh biaya layanan serta menyampaikan pengaduan tentang layanan pertanahan.”

Salah satu warga Pedurungan, Hadi Siswanto, sempat mencoba layanan tersebut. Ia mengetik ‘UKUR(spasi)11(spasi)5000’ dan mengirim ke 2409. Hanya dalam satu menit, ia sudah mendapatkan balasan SMS dari nomor 2409 yang berbunyi ‘luas tanah Anda 5.000 m2, biaya ukur tanah Rp600.000 (pertanian) atau Rp1.100.000 (non pertanian).

Biaya ukur tanah atau lahan tersebut memang tidak terikat, tergantung lokasi tanah serta luas lahan. Karena itu, pihak BPN meminta Anda untuk mengirimkan pula lokasi provinsi tempat lahan berada serta luas lahan. Bisa jadi, biaya ukur tanah di DKI Jakarta akan lebih tinggi dibandingkan dengan Provinsi Jawa Tengah misalnya.

Sebenarnya, banyak juga jasa swasta yang menawarkan layanan pengukuran lahan. Namun, biaya yang diperlukan saat menggunakan layanan ini cenderung lebih . Salah satu jasa misalnya, mematok biaya minimum pengukuran lahan di kawasan Jabodetabek di kisaran Rp3.500.000 (di bawah 600 m2 dikenakan biaya minimum) untuk pengukuran kavling perumahan.

Loading...