Ubah Status Sawah, Berapa Biaya Pengeringan Tanah?

Ilustrasi : Lahan persawahanIlustrasi : Lahan persawahan - radarcirebon.com

JOGJA – Jika Anda memiliki sebidang basah, misalnya, ternyata Anda tidak bisa sembarangan ketika ingin mendirikan di atasnya. Lahan basah tersebut harus diubah terlebih dahulu menjadi tanah kering sebelum bisa didirikan atau perubahaan penggunaan tanah (IPPT). Bisa diurus langsung ke BPN (Badan Pertanahan Nasional), banyak juga orang yang menyediakan jasa pengurusan ini dengan berkisar Rp100 ribuan per m2.

Menurut Seksi Pengaturan dan Penataan Pertanahan Kantor BPN Bantul, ada beberapa yang perlu dipenuhi untuk mengajukan izin pengeringan tanah. tersebut antara lain fotokopi KTP pemohon, surat kuasa (jika dikuasakan) serta KTP dan CI atau Kartu Keluarga, NPWP, surat pemberitahuan Pajak Tertanggung PBB, fotokopi alas hak tanah (baik berupa sertifikat, letter C, atau lainnya), sketsa atau denah lokasi tanah, sketsa rencana penggunaan tanah, dan sosialisasi sekitar atas rencana kegiatan.

“Selain permohonan untuk IPPT, dalam hal ini diperuntukkan tinggal, terdapat pula perubahan penggunaan tanah yang bernama Klarifikasi dan Izin Lokasi,” terang Seksi Pengaturan dan Penataan Pertanahan Kantor BPN Bantul, dilansir Tribun Jogja. “Untuk Klarifikasi, luasan maksimal 500 m2 (untuk toko, perumahan, dan sebagainya), sedangkan untuk Izin Lokasi, luasan di atas satu hektar dan memerlukan keputusan bupati setempat.”

Menurut Pemerintah Kabupaten Sleman, jika warga tekah mendapatkan izin IPPT, maka perlu membawa IPPT tersebut ke BPN setempat untuk digunakan sebagai pertimbangan pengubahan sertifikat tanah dari status sawah menjadi tanah pekarangan. Tanah pekarangan tersebut, selain dapat diolah sendiri, juga dapat diperjualbelikan dan dibalik nama kepada pembeli dari luar kawasan tempat bidang tanah tersebut.

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengurus izin pengeringan tanah? Jika Anda mengurus sendiri ke Kantor BPN, sebenarnya biaya yang dibutuhkan tidak mahal, sekitar Rp2.000 per m2, belum termasuk biaya administrasi. Bahkan, ada beberapa daerah yang tidak memasang tarif, hanya biaya administrasi. Namun, jika menggunakan jasa orang lain atau calo, biayanya mulai Rp100 ribu per m2.

Loading...