Diperuntukkan Pasien dengan Masalah Pernapasan, Ini Kisaran Biaya Bronkoskopi

Biaya Bronkoskopi - www.pulmonologyadvisor.comBiaya Bronkoskopi - www.pulmonologyadvisor.com

Para yang menderita masalah atau yang berhubungan dengan paru-paru biasanya disarankan untuk menjalani bronkoskopi. ini dilakukan dengan memasukkan suatu alat bernama bronkoskop melalui tenggorokan hingga bronkus. Walaupun mungkin terkesan menakutkan, ini disebut-sebut aman dan memakan yang memang tidak bisa dibilang murah.

Tindakan bronkoskopi dilakukan untuk membuat diagnosis terhadap suatu serta mengobatinya, sekaligus mengambil mukus (sampel jaringan) lewat tindakan yang disebut biopsi. Secara umum, terdapat 2 bronskop yang dipakai dalam pemeriksaan bronkoskopi, yaitu bronkoskop kaku dan lentur. yang lentur umumnya lebih nyaman untuk pasien dan hanya butuh sedikit obat penenang atau bius lokal. Sedangkan bronkoskop yang kaku butuh bius total dan dibutuhkan oleh pasien yang mengalami batuk disertai banyak darah.

Menurut salah satu ahli paru RSUD Haji Makassar, dr Harry Akza Putrawan Sp.P, bronkoskopi digunakan untuk mendeteksi kelainan yang terjadi di saluran napas, misalnya jika ada pasien yang menderita tumor di paru-paru. “Untuk mengetahui tumor tersebut jenis apa, jinak atau ganas, kita lakukan bronkoskopi. Dari hasil pemeriksaan nanti, bisa kita berikan tindakan atau terapi seperti apa,” kata dr. Harry, seperti dilansir Mediasulsel.

Ia juga menambahkan, bronkoskopi dapat dilakukan untuk mengeluarkan benda yang masuk ke saluran pernapasan, misalnya jarum pentul, biji-bijian, dan sebagainya. “Jadi kalau ada benda yang masuk ke saluran pernapasan, seperti jarum pentul dan sebagainya, bisa dilakukan tindakan dengan bronkoskopi,” pungkasnya.

Biaya bronkoskopi di dibanderol di angka jutaan rupiah, tergantung di rumah sakit mana pemeriksaan dilakukan. Sebagai contoh, di Siloam Hospitals tarif pemeriksaan bronchoscopy berkisar Rp3,3 juta hingga Rp8 juta, kemudian di RS Awal Bros biayanya mulai Rp1.913.000, di RS PHC Surabaya mulai Rp1.545.000, RS Mitra Keluarga Surabaya mulai Rp3.047.000, dan di Ciputra Hospital Citra Garden City sekitar Rp5,65 juta.

Meskipun relatif mahal, prosedur bronkoskopi rupanya termasuk jenis pemeriksaan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Namun besaran tarif bronkoskopi yang ditanggung tergantung dari kelas atau status kepesertaan sang pemegang kartu BPJS Kesehatan.

Loading...