Biaya Beragam, Pembersihan Serumen Telinga Bisa Dilakukan di THT Maupun Puskesmas

Biaya Pembersihan Telinga - www.sonorahearingcaretucson.comBiaya Pembersihan Telinga - www.sonorahearingcaretucson.com

Masih banyak orang yang salah kaprah terkait urusan membersihkan telinga, sehingga nekat menggunakan cotton bud atau bahkan korek kuping lain yang justru berisiko melukai gendang telinga. Padahal pembersihan serumen atau kotoran telinga bisa dilakukan di praktik THT (telinga, hidung, dan tenggorokan), , atau dengan biaya yang .

“Telinga sebetulnya tidak perlu dibersihkan dengan dikorek ke arah dalam dengan cotton bud atau korek kuping. Membersihkan telinga dengan mengorek justru berisiko menekan kotoran hingga gendang telinga, yang akhirnya bisa mengganggu pendengaran,” ucap Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher (PP Perhati-KL) Indonesia dr Soekirman Soekin, Sp.THT-KL (K), seperti dilansir Detik.

Dr Soekirman mengatakan, kotoran telinga pada dasarnya bisa keluar dengan sendirinya melalui mekanisme tubuh. Misalnya dengan mekanisme mengunyah yang ikut mendorong keluar kotoran telinga atau serumen. Kotoran telinga sendiri sebenarnya hanya ada pada 1/3 telinga bagian luar.

Apabila masih belum keluar juga, dr Soekirman menyarankan kita untuk memakai cairan penghancur kotoran telinga yang bebas di . Kemudian, liang telinga cukup dibersihkan dengan tisu atau cotton bud untuk bayi yang ukurannya kecil.

Sementara itu, Dokter spesialis kesehatan telinga, hidung, dan tenggorok RS Indriati Solo Baru, Hutami Laksmi Dewi menambahkan, secara medis serumen sebenarnya tak akan menyebabkan gangguan telinga jika jumlahnya tak berlebihan. Kotoran hasil alami dari kelenjar minyak di liang telinga tersebut justru berfungsi untuk melindungi telinga, seperti memerangkap debu, menghambat pertumbuhan kuman, termasuk menjaga supaya air tak masuk dalam telinga.

Nah, dokter THT biasanya menggunakan beberapa metode untuk membersihkan serumen telinga, yakni dengan teknik irigasi telinga menggunakan air atau larutan saline yang disemprotkan dalam telinga atau dengan teknik microsuction atau alat khusus untuk menyedot kotoran telinga.

Adapun biaya pembersihan serumen telinga di sejumlah fasilitas kesehatan cukup beragam. Misalnya, di Rumah Sakit (RS) Tebet Jakarta mulai Rp120 ribu, Siloam Hospitals Yogyakarta (Jogja) mulai Rp89 ribu, RS Immanuel Bandung mulai Rp191 ribu, hingga di RS Mitra Keluarga Kenjeran Surabaya mulai Rp120 ribu.

Loading...