Berisiko Mengganggu Pernapasan, Berapa Biaya Operasi Adenoid?

Ilustrasi: prosedur operasiIlustrasi: prosedur operasi

Tonsil dan adenoid adalah sekumpulan besar jaringan limfoid di bagian belakang faring. Kedua kelenjar itu fungsinya menjebak kuman dan mencegah seseorang terserang . Namun, apabila adenoid membesar tentunya bisa mengganggu saluran . Pada kasus yang parah, pasien bisa saja disarankan menjalani adenoid dengan yang bisa dibilang tidak murah.

Menurut dr Erik Firman SpTHT, dari Segiri Medika Samarinda, tonsil ada pada kedua sisi di belakang . Sedangkan adenoid letaknya lebih tinggi dan lebih di belakang, yakni saluran hidung yang berhubungan dengan . Pada dasarnya, adenoid adalah benteng pertahanan tubuh anak-anak. Saat mereka menginjak usia 8-10 tahun, adenoid sudah tak dibutuhkan lagi karena akan mengecil sendiri.

Sayangnya, terkadang adenoid juga bisa meradang hingga membesar akibat terinfeksi oleh bakteri. “Adenoid yang membesar dapat menghalangi saluran pernapasan anak pada bagian hidung, biasanya mereka akan lebih sering mendengkur. Kesulitan bernapas ketika tidur dan membuat mereka bernapas melalui mulut,” bebernya, seperti dilansir Prokal.

Dr Erik menambahkan, pembengkakan adenoid yang dibiarkan bisa berdampak cukup besar hingga menyebabkan pembengkakan jantung. Pasalnya, proses pernapasan yang terganggu bisa menghalangi proses pemompaan oksigen dalam paru-paru. Gejala utama gangguan ini ditandai dengan batuk dan pilek yang tidak kunjung sembuh.

“Pengobatan terhadap adenoid yang membesar dapat melalui terapi obat-obatan. Namun, jika melalui pemberian pengobatan tidak menyembuhkan, maka dokter akan melakukan tindakan operasi mengangkat adenoid tersebut,” tutur dr Erik.

Operasi adenoidektomi kabarnya tidak jauh berbeda dengan operasi pengangkatan amandel. Oleh sebab itu, tidak sedikit yang menjalani tindakan operasi adenoid bersamaan dengan tonsilektomi atau sebaliknya. Beberapa menerapkan biaya yang relatif sama antara operasi adenoid dan operasi amandel.

Menurut informasi dari Alodokter, biaya operasi amandel atau adenoid di Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta berkisar mulai Rp20 juta, di RS Premier Jatinegara mulai Rp15 juta, RSU Yarsi Jakarta mulai Rp6,5 juta, RS Budi Asih Cikarang mulai Rp9,2 jutaan, dan di RSU Firdaus Jakarta mulai Rp4,8 jutaan.

Loading...