Biaya Mahal, Kapan Harus Operasi Sedot Sinusitis?

Ilustrasi : Seseorang yang mengalami gangguan sinusitisIlustrasi : Seseorang yang mengalami gangguan sinusitis

JAKARTA – Sinusitis merupakan salah satu peradangan yang menyerang rongga sinus dan gampang kambuh. Banyak orang yang memutuskan untuk melakukan sinusitis karena tidak tahan dengan rasa sakitnya. Sayangnya, untuk melakukan sinusitis ini terbilang , bisa mencapai angka puluhan juta rupiah, tergantung kelas dan kebijakan masing-masing .

Salah satu pasien membocorkan, biaya operasi sinusitis berkisar Rp5,5 jutaan untuk Kelas III, Rp7,12 jutaan untuk Kelas II, Rp8,7 jutaan untuk Kelas III, dan Rp10,2 jutaan untuk Kelas Utama. Sementara, pasien yang lain, dalam suatu forum online, mengaku ia disodori harga operasi sinusitis mulai Rp17 juta hingga Rp28 jutaan, belum termasuk biaya , pemeriksaan penunjang, rawat inap, konsultasi , dan visit dari operasi.

Lalu, apakah operasi sinusitis memang diperlukan? Menurut dr. Agus Subagio, Sp THT, dokter THT yang praktik di RS Puri Indah, sebaiknya sinusitis diobati dengan obat-obatan medis, sedangkan operasi adalah jalan terakhir. Diagnosis pasien sinusitis harus dilakukan dengan baik agar tindakan yang dilakukan tepat. Jika dilakukan operasi, harus dibarengi dengan penanganan pasca-operasi.

“Operasi dilakukan hanya apabila terapi dengan obat-obatan medis gagal, penyakit sudah cukup parah dan menyebabkan komplikasi ke mata, otak, telinga, tenggorokan, dan bronkitis, serta adanya perubahan struktur hidung dan menimbulkan kista,” terangnya dilansir Detik Health. “Operasi sinusitis juga bisa dilakukan berkali-kali karena tidak adanya pasca-operasi dan pengobatan pada alergi.”

Sebenarnya, ada beberapa perawatan yang memungkinkan untuk dilakukan sendiri, beberapa bahkan menggunakan bahan-bahan alami. Untuk melegakan pernapasan misalnya, pasien bisa menghirup uap dari air panas di mangkuk, yang dikatakan dapat membantu menenangkan jaringan sinus dan memberi pasien perasaan membersihkannya sedikit.

Untuk penguapan yang paling manjur, rebus satu panci air, lalu angkat dan taruh di atas meja. Selimuti kepala Anda dengan handuk, kemudian hirup uap dari panci tersebut. Namun, hati-hati jangan sampai terlalu dekat dengan air panas dan tutup mata. Selama penguapan, air bisa ditambahkan satu atau dua tetes minyak esensial seperti lavender atau chamomile.

Loading...