Biaya Jutaan Rupiah, Gastroscopy Berfungsi Memeriksa Saluran Cerna Bagian Atas

Gastroscopy untuk Memeriksa Saluran Pencernaan - unmedicare.comGastroscopy untuk Memeriksa Saluran Pencernaan - unmedicare.com

Saluran pencernaan termasuk bagian organ dalam yang juga perlu kita jaga kesehatannya. Namun terkadang seseorang bisa saja mengalami masalah pada pencernaannya. Jika mengalami beberapa kondisi seperti muntah atau mual yang tak diketahui penyebabnya, penderita biasanya dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan gastroskopi. Biaya gastroscopy memang tidak bisa dibilang murah.

Sebagai , gastroskopi adalah tindakan diagnostik yang biasa digunakan untuk mencari tahu masalah yang dialami pencernaan bagian atas, termasuk lambung, kerongkongan (esofagus), dan usus kecil. Prosedur pemeriksaan ini juga dikenal dengan endoskopi saluran cerna bagian atas.

“Gastroskopi adalah pemeriksaan endoskopi untuk meneropong saluran cerna menggunakan pipa kecil fleksibel yang di ujungnya ada lampu dan . Saat ini pemeriksaan tersebut cukup aman, dan nyaris tanpa keluhan yang berarti. Dengan gastroskopi, banyak hal dapat dilakukan, mulai dari diagnostik (penilaian organ dalam saluran cerna) sampai terapeutik (terapi yang menyembuhkan),” kata dr. Duddy Mulyawan Djajadisastra, Sp.PD, FINASIM dari RS Bethsaida, seperti dikutip dari Saibumi.

yang merasa perut berulang, anemia, kehilangan berat badan tanpa sebab, rasa panas dalam perut, atau asam lambung biasanya disarankan melakukan gastroskopi. Tindakan ini pun dianjurkan apabila dicurigai adanya pertumbuhan kanker atau non-kanker pada sistem pencernaan atas.

“Secara umum tindakan gastroskopi sama dengan tindakan kolonoskopi, namun demikian kolonoskopi membutuhkan persiapan tambahan. Gastroskopi dan kolonoskopi membutuhkan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan tindakan berlangsung aman. Keduanya juga mengharuskan persiapan puasa 6-8 jam. Kondisi usus besar pada kolonoskopi harus dalam kondisi kosong agar dinding usus besar dapat dinilai dengan baik,” imbuh dr Duddy.

Biaya gastroskopi sendiri berkisar di angka jutaan . Sebagai contoh, di JIH biayanya sekitar Rp2,2 juta hingga yang paling mahal Rp3,3 juta untuk kelas President Suite. Lalu, di Siloam Hospitals mulai Rp2,9 jutaan hingga Rp11 jutaan, RS Awal Bros mulai Rp2,1 jutaan, RS EMC Tangerang Rp2,78 juta, RS Premier Surabaya mulai Rp6 juta, RS Mitra Keluarga mulai Rp3,85 juta, dan RS PHC Surabaya mulai Rp1,45 jutaan.

Loading...