Biaya Cetak Tergantung Eksemplar, Pamor Tabloid Belum Surut

Biaya Cetak Tergantung Eksemplar, Pamor Tabloid Belum Surut

Meski saat ini sudah banyak masyarakat yang mengakses melalui media , tetapi pamor media cetak seperti koran dan tabloid tidak lantas surut. Pasalnya, tabloid dan koran masih dianggap sebagai media informasi yang ‘nyaman’ karena tidak menampilkan radiasi layar biru seperti laptop maupun ponsel yang berisiko merusak mata. Untuk membuat tabloid ini, cetaknya tergantung berapa ribu eksemplar yang bakal Anda terbitkan.

Tabloid sebenarnya merupakan istilah suatu format surat kabar yang lebih kecil dari ukuran koran harian, biasanya 597 mm x 375 mm. Istilah ini biasanya dikaitkan dengan surat kabar reguler non-harian (bisa mingguan, dua mingguan, dan lain-lain), yang fokus pada hal-hal yang lebih ‘tidak serius’, misalnya informasi tentang selebritas, olahraga, kriminal, dan lain-lain.

“Pada prinsipnya, membuat tulisan di tabloid, koran, atau adalah fokus tentang berbagai hal yang menarik dan banyak dicari, selain strategi focusing headline untuk membuat orang tertarik membaca,” demikian tulis laman Project.co.id. “Meski demikian, penulisan tabloid, , atau koran juga harus tetap memenuhi kaidah jurnalistik yang baik.”

Sementara, Absograf, sebuah percetakan murah di Surabaya, menuturkan bahwa majalah dan tabloid merupakan beberapa media cetak yang sudah menjadi bagian dari masyarakat, sama halnya dengan koran atau surat kabar. Isi konten majalah atau tabloid dan desain layout serta hasil cetaknya sangat menentukan grade majalah atau tabloid yang bersangkutan.

Untuk setiap penerbitan majalah, koran, maupun tabloid, biaya total yang Anda keluarkan tergantung seberapa ribu eksemplar yang akan Anda cetak. Project.co.id sendiri mematok biaya Rp50 jutaan untuk setiap penerbitan majalah dengan 100 halaman, sedangkan tabloid 24 halaman dipatok Rp10 jutaan per terbit, dan koran harian dibanderol Rp5 jutaan setiap terbit.

Umumnya, tabloid menggunakan cover dari kertas art carton ukuran 210 gsm sampai 260 gsm, atau lain. Sementara, jenis kertas yang digunakan untuk isinya adalah HVS 100 gsm, art paper 100 gsm, matt paper 100 gsm, atau lainnya. Posisi cetak bisa menggunakan full color dua sisi, sedangkan finishing bisa menggunakan UV vernish, laminating glossy atau doff, atau perfect binding.

Loading...