Penting untuk Deteksi Dini Penyakit, Biaya Biopsi Paru Dipatok Beragam

Biaya Biopsi Paru - kreftforeningen.noBiaya Biopsi Paru - kreftforeningen.no

paru-paru perlu lebih waspada untuk mendeteksi lebih dini adanya penyakit dalam dirinya. Diagnosis dini yang tepat tentunya akan membantu untuk memperoleh pengobatan yang tepat pula. Salah satu pemeriksaan yang bisa dilakukan adalah dengan biopsi paru. Pemeriksaan biopsi paru ini bisa dilakukan di berbagai dengan yang .

“Tidak adanya deteksi dini yang standar dan tidak adanya klinis yang spesifik menjadikan kepedulian serta akses terhadap diagnosis serta pengobatan yang bermutu sangat penting,” kata patologi dari National Cancer Center (NCC) Rumah Sakit Kanker Dharmais, dr Evlina Suzanna SpPA(K), seperti dilansir Tribunnews.

Sementara itu, Ketua Cancer Information and Support Center (CISC), Aryanthi Baramuli Putri menjelaskan, deteksi dan diagnosis sejak dini sangat penting untuk orang-orang dengan risiko tinggi menderita kanker paru, sehingga dapat memperoleh pengobatan yang tepat dan bermutu.

“Kanker paru memiliki jenis mutasi yang berbeda-beda yang perlu dipahami oleh masyarakat dan praktisi kesehatan dengan tepat. Kepedulian pasien terhadap kanker paru dapat dibangun dari upaya promotif dan preventif yang digaungkan oleh berbagai pemangku kepentingan secara berkesinambungan melalui berbagai kegiatan dan saluran komunikasi,” terang Aryanthi.

Dokter Alex Ginting S SpP(K) pun mengimbau agar masyarakat tak perlu khawatir dengan efek samping dari tindakan biopsi yang tujuannya untuk mendiagnosis kanker. Dr. Alex mengakui bahwa di masyarakat berkembang persepsi bahwa tindakan biopsi dapat membuat sel kanker menyebar dan semakin ganas.

Padahal menurutnya biopsi bukanlah penyebab terjadinya metastasis atau penyebaran kanker dari satu organ ke organ tubuh lainnya. “Biopsi itu jadi momok akhirnya orang takut untuk biopsi. Padahal biopsi itu bukan penyebab terjadinya metastasis. Metastasis itu terjadi secara alami karena mutasi genetik,” ungkapnya.

Biaya biopsi paru sendiri cukup beragam, tergantung di mana pemeriksaan dilakukan. Misalnya saja di Siloam Hospitals Bogor mulai Rp1,24 juta, Siloam Hospitals TB Simatupang mulai Rp1,6 jutaan, Siloam Hospitals Yogyakarta mulai Rp891 ribu, dan di Rumah Sakit (RS) Gandaria mulai Rp330 ribu. Biaya biopsi paru tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Loading...